Karmilah, Risma (2025) Pengaruh penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam: Penelitian quasi eksperimen pada siswa kelas XI di SMAN 1 Cileunyi Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (166kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (627kB) | Preview |
|
|
Text (SURAT PERNYATAAN KARYA SENDIRI)
3_spkaryasendiri.pdf Download (316kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (620kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (4MB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (760kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan terkait pelaksanaan pembelajaran di kelas, rendahnya motivasi belajar siswa. Seharusnya motivasi belajar siswa dalam mengikuti proses pembelajaran di kelas mengalami peningkatan, mengingat guru telah berupaya secara optimal dalam menyampaikan materi pembelajaran. Namun, kenyataannya aktivitas pembelajaran di kelas masih terbatas pada kegiatan mendengarkan, mencatat, dan menghafal materi, tanpa melibatkan siswa secara aktif dalam proses belajar. Oleh karena itu, menimbulkan sebuah masalah yang begitu penting untuk diteliti. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui, 1) Mengetahui penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together pada mata PAI di kelas XI SMAN 1 Cileunyi. 2) Mengetahui motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di kelas XI SMAN 1 Cileunyi. 3) Mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together pada mata pelajaran PAI terhadap motivasi belajar siswa di kelas XI SMAN 1 Cileunyi Kabupaten Bandung. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa model pembelajaran Numbered Heads Togther merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut, hipotesis yang diajukan adalah adanya pengaruh penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Bentuk desain yang digunakan adalah Non equivalent Control Group Design. Bentuk desain tersebut dilakukan pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, wawancara, dan studi dokumentasi. Berdasarkan analisis data diperoleh data 1) Penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together pada observasi aktivitas guru dengan skor rata-rata 95 pada interval 81-100 kategori sangat baik. Dan pada observasi aktivitas siswa dengan skor rata-rata 80 pada interval 61-80 kategori baik. 2) Motivasi belajar siswa di kelas eksperimen pada penyebaran angket pertama memperoleh nilai rata-rata 69, sedangkan pada penyebaran angket kedua memperoleh nilai rata-rata 80. Maka dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil angket motivasi belajar siswa sebelum perlakuan dan setelah perlakuan. 3) Pengaruh variabel X terhadap variabel Y ditunjukkan dengan hasil uji N-Gain di kelas eksperimen yang diperoleh sebesar 0,36 yang termasuk pada kategori sedang. Sedangkan hasil N-Gain kelas kontrol hasil uji N-Gain yang diperoleh sebesar 0,16 termasuk pada kategori rendah. Kemudian, berdasarkan pada hasil uji hipotesis menunjukkan hasil bahwa nilai Sig. 2-tailed yang diperoleh dalam pengujian tersebut adalah sebesar 0,022, yang mana nilai tersebut lebih kecil dari 0,05. Sehingga terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together terhadap motivasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran; Numbered Heads Together; motivasi belajar |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Karmilah Risma |
Date Deposited: | 03 Jul 2025 03:40 |
Last Modified: | 03 Jul 2025 03:40 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/110662 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |