Pengaruh penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam: Penelitian quasi eksperimen pada siswa kelas XI di SMAN 1 Cileunyi Kabupaten Bandung

Karmilah, Risma (2025) Pengaruh penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam: Penelitian quasi eksperimen pada siswa kelas XI di SMAN 1 Cileunyi Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (627kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SURAT PERNYATAAN KARYA SENDIRI)
3_spkaryasendiri.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (620kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (760kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan terkait pelaksanaan pembelajaran di kelas, rendahnya motivasi belajar siswa. Seharusnya motivasi belajar siswa dalam mengikuti proses pembelajaran di kelas mengalami peningkatan, mengingat guru telah berupaya secara optimal dalam menyampaikan materi pembelajaran. Namun, kenyataannya aktivitas pembelajaran di kelas masih terbatas pada kegiatan mendengarkan, mencatat, dan menghafal materi, tanpa melibatkan siswa secara aktif dalam proses belajar. Oleh karena itu, menimbulkan sebuah masalah yang begitu penting untuk diteliti. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui, 1) Mengetahui penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together pada mata PAI di kelas XI SMAN 1 Cileunyi. 2) Mengetahui motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di kelas XI SMAN 1 Cileunyi. 3) Mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together pada mata pelajaran PAI terhadap motivasi belajar siswa di kelas XI SMAN 1 Cileunyi Kabupaten Bandung. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa model pembelajaran Numbered Heads Togther merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut, hipotesis yang diajukan adalah adanya pengaruh penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Bentuk desain yang digunakan adalah Non equivalent Control Group Design. Bentuk desain tersebut dilakukan pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, wawancara, dan studi dokumentasi. Berdasarkan analisis data diperoleh data 1) Penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together pada observasi aktivitas guru dengan skor rata-rata 95 pada interval 81-100 kategori sangat baik. Dan pada observasi aktivitas siswa dengan skor rata-rata 80 pada interval 61-80 kategori baik. 2) Motivasi belajar siswa di kelas eksperimen pada penyebaran angket pertama memperoleh nilai rata-rata 69, sedangkan pada penyebaran angket kedua memperoleh nilai rata-rata 80. Maka dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil angket motivasi belajar siswa sebelum perlakuan dan setelah perlakuan. 3) Pengaruh variabel X terhadap variabel Y ditunjukkan dengan hasil uji N-Gain di kelas eksperimen yang diperoleh sebesar 0,36 yang termasuk pada kategori sedang. Sedangkan hasil N-Gain kelas kontrol hasil uji N-Gain yang diperoleh sebesar 0,16 termasuk pada kategori rendah. Kemudian, berdasarkan pada hasil uji hipotesis menunjukkan hasil bahwa nilai Sig. 2-tailed yang diperoleh dalam pengujian tersebut adalah sebesar 0,022, yang mana nilai tersebut lebih kecil dari 0,05. Sehingga terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together terhadap motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran; Numbered Heads Together; motivasi belajar
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Karmilah Risma
Date Deposited: 03 Jul 2025 03:40
Last Modified: 03 Jul 2025 03:40
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/110662

Actions (login required)

View Item View Item