Mahira, Zihan (2025) Penerapan metode Student Centered Learning (SCL) berbasis Classpoint dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PAIBP: Penelitian kuasi eksperimen terhadap siswa kelas X SMA karya Pembangunan 2 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (743kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (380kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (427kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (549kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (332kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (795kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (27kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (214kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan mengenai rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran PAIBP pada siswa kelas X SMA Karya Pembangunan 2 Kota Bandung berdasarkan observasi awal yang ditunjukkan dengan rendahnya perhatian siswa terhadap penjelasan yang diberikan oleh guru. Untuk peneliti menggunakan metode pembelajaran Student Centered Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuti: (1) Penerapan metode Student Centered Learning berbasis ClassPoint untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PAIBP di kelas X SMA Karya Pembangunan 2 Kota Bandung. (2) Minat belajar siswa setelah diterapkannya metode pembelajaran Student Centered Learning berbasis classpoint pada mata pelajaran PAIBP di kelas X di SMA Karya Pembangunan 2 Kota Bandung. (3) Pengaruh metode Student Centered Learning berbasis classpoint terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran PAIBP di kelas X SMA Karya Pembangunan 2 Kota Bandung. Metode Student Centered Learning berbasis ClassPoint adalah pendekatan pembelajaran yang menempatkan siswa sebagai pusat aktivitas belajar untuk meningkatkan minat belajar. Metode ini memadukan pembelajaran aktif dengan teknologi interaktif melalui aplikasi ClassPoint dalam PowerPoint, yang dilengkapi fitur polling, kuis, dan anotasi digital. Tujuannya adalah menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, mendorong rasa ingin tahu, dan meningkatkan partisipasi siswa secara optimal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian kuasi eksperimen pada desain posttest-onlyl. Tenik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, serta uji hipotesis dengan uji independent sample t- test. Hasil penelitian menunjukkan (1) Penerapan metode Student Centered Learning berbasis ClassPoint terlaksana dengan sangat baik dan mengalami peningkatan dari pertemuan pertama dengan skor 78% ke pertemuan kedua dengan skor 80% (2) Perbedaan minat belajar pada kelas eksperimen dengan rata-rata sebesar 59.43 yang termasuk kategori “Baik” dan kelas kontrol dengan rata-rata 56.29 yang termasuk kategori “Baik“, dan (3) Hasil uji hipotesis dengan hasil uji hipotesis independent sampel t-test yaitu 0.024 < 0.05, menunjukkan bahwa hipotesis diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Penerapan Metode Student Centered Learning Berbasis ClassPoint dapat Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Secara signifikan pada Mata Pelajaran PAIBP kelas X SMA Karya Pembangunan 2 Kota Bandung.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Student Centered Learning berbasis Classpoint, Minat Belajar, PAIBP |
Subjects: | Islam Islam > Islamic Religious Education Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Zihan Mahira |
Date Deposited: | 03 Jul 2025 04:35 |
Last Modified: | 03 Jul 2025 04:35 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/110980 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |