Pengaruh academic Self-Efficacy dan social support terhadap Academic Burnout pada mahasiswa teknik elektro UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Mulyani, Cahya Sri (2025) Pengaruh academic Self-Efficacy dan social support terhadap Academic Burnout pada mahasiswa teknik elektro UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (366kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (888kB) | Request a copy

Abstract

Fenomena academic burnout merupakan permasalahan yang kerap dijumpai dalam dunia pendidikan, salah satunya ditemukan pada mahasiswa Teknik Elektro UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Menanggapi permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh academic self-efficacy dan social support terhadap academic burnout pada mahasiswa Teknik Elektro UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Desain penelitian ini menggunakan rancangan kuantitatif korelasional dengan sifat kausalitas. Sebanyak 186 mahasiswa Teknik Elektro UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang diperoleh melalui teknik accidental sampling menjadi partisipan dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai F = 26.271 dengan p-value .000 <.05, yang mengindikasikan bahwa academic self-efficacy dan social support secara simultan berpengaruh terhadap academic burnout dengan kontribusi sebesar 22.3%. Secara parsial, academic self-efficacy memberikan kontribusi lebih besar terhadap academic burnout, dibandingkan social support. Penelitian ini membuktikan bahwa faktor internal mahasiswa memiliki peran lebih dominan dalam mengurangi academic burnout dibandingkan faktor eksternal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Academic Burnout; Academic Self-Efficacy; Social Support; Mahasiswa Teknik Elektro
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Education > Psychology of Education
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Cahya Sri Mulyani
Date Deposited: 03 Jul 2025 05:40
Last Modified: 03 Jul 2025 05:40
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/111055

Actions (login required)

View Item View Item