Wijaya, Akbar Alamanda (2025) Pengaruh promosi dan harga terhadap keputusan pembelian E-Commerce Tokopedia pada pengguna Tokopedia di Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (36kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (218kB) | Preview |
|
|
Text
SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI_AKBAR A W.pdf Download (127kB) | Preview |
|
|
Text
3_daftarisi.pdf Download (429kB) | Preview |
|
|
Text
4_bab1.pdf Download (573kB) | Preview |
|
![]() |
Text
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (542kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (520kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (979kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (225kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (347kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_lampiran (34).pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi khususnya internet, telah mengubah perilaku konsumen Indonesia dalam melakukan transaksi melalui e-commerce. Tokopedia sebagai salah satu platform e-commerce terbesar di Indonesia mengalami persaingan ketat dengan platform lain, serta adanya persepsi negatif konsumen terhadap efektivitas promosi dan tingkat harga pada platform Tokopedia yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh secara parsial dan simultan dari Promosi dan Harga terhadap Keputusan Pembelian E-Commerce Tokopedia pada pengguna Tokopedia di Kabupaten Bandung. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan teori yang dikemukakan oleh (Tjiptono, 2015) mengenai promosi, (Kotler & Armstrong, 2018) mengenai harga, dan (Kotler & Keller, 2016) mengenai keputusan pembelian. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode desktiptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel yang diteliti sebanyak 120 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner menggunakan google form. Teknik analisis data menggunakan uji statistik deskriptif, uji instrument data (uji validitas dan uji reliabilitas), analisis regresi linier berganda, uji hipotesis (uji statistik t dan uji statistik f), dan analisis koefesien determinasi (R2) dengan menggunakan program SPSS versi 26. Berdasarkan hasil menunjukan bahwa Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian E-Commerce Tokopedia, dibuktikan dengan uji t nilai thitung > ttabel dan nilai signifikansi. Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian E-Commerce Tokopedia, dibuktikan dengan uji t nilai thitung > ttabel dan nilai signifikansi. Promosi dan Harga secara simultan berpengaruh secara signifikan terhadap Keputusan Pembelian E-Commerce Tokopedia, dibuktikan dengan nilai Fhitung > Ftabel dan nilai signifikansi. Berdasarkan persentase pengaruh secara keseluruhan menggunakan uji koefisien determinasi sebesar 60% dan sisanya 40% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dengan demikian, tingkatan pengaruh antara variabel yang ada pada penelitian ini memiliki tingkat pengaruh yang kuat.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Promosi; Harga; Keputusan Pembelian; |
Subjects: | General Management General Management > Marketing, Management of Distribution |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen |
Depositing User: | Akbar Alamanda Wijaya Wijaya |
Date Deposited: | 04 Jul 2025 02:53 |
Last Modified: | 04 Jul 2025 02:53 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/111099 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |