Analisis bahan ajar fisika berdasarkan Pedagogical Content Knowledge (PCK) dengan menggunakan model Magnusson

Putri, Mira Riana (2018) Analisis bahan ajar fisika berdasarkan Pedagogical Content Knowledge (PCK) dengan menggunakan model Magnusson. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (320kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (564kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB) | Request a copy

Abstract

Dalam kurikulum 2013 terdapat kompetensi inti dan kompetensi dasar yang harus dicapai oleh peserta didik, maka dari itu guru membutuhkan bahan ajar salah satunya adalah modul. Tidak semua modul bagus digunakan karena itu dibutuhan analisis modul berdasarkan Pedagogical Content Knowledge (PCK) dengan menggunakan model Magnusson. Tujuan penelitian ini alah untuk mengetahui kesesuaian modul pada pembelajaran usaha energi yang digunakan di kelas X MIA 4 MAN 2 Garut dengan kriteria model Magnusson. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis wacana. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa persentase untuk pengenalan terhadap pembelajaran fisika sebesar 60%, pengetahuan mengenai kurikulum pada pembelajaran fisika sebesar 50%, pengetahuan yang berkaitan dengan pemahaman peserta didik terhadap topik pembelajaran fisika 30%, pengetahuan mengenai strategi dalam pembelajaran fisika sebesar 63%, dan pengetahuan yang berkaitan dengan penilaian peserta didik dalam pembelajaran fisika sebesar 20%. Sedang proporsi tiap-tiap kriteria untuk pengenalan terhadap pembelajaran fisika sebesar 30%, pengetahuan mengenai kurikulum pada pembelajaran fisika sebesar 20%, pengetahuan yang berkaitan dengan pemahaman peserta didik terhadap topik pembelajaran fisika 15%, pengetahuan mengenai strategi dalam pembelajaran fisika sebesar 25%, dan pengetahuan yang berkaitan dengan penilaian peserta didik dalam pembelajaran fisika sebesar 10%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa analisis PCK berdasarkan model Magnusson dapat digunakan untuk menganalisis bahan ajar yang digunakan oleh guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Magnusson; modul; PCK; usaha; energi
Subjects: Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Mira Riana Putri
Date Deposited: 12 Jul 2018 07:55
Last Modified: 12 Jul 2018 07:55
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/11110

Actions (login required)

View Item View Item