Implementasi Bimbingan Karier Islami melalui Bimbingan Kelompok untuk Pengembangan Soft Skills Gen Z

Kusumah, R. Rindoe Devianty Atmaja (2025) Implementasi Bimbingan Karier Islami melalui Bimbingan Kelompok untuk Pengembangan Soft Skills Gen Z. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_COVER.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_ABSTRAK.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_SKBEBASPLAGIARISM.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_DAFTAR ISI.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_BAB 1.pdf

Download (462kB) | Preview
[img] Text
6_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB)
[img] Text
7_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img] Text
8_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (890kB)
[img] Text
9_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB)
[img] Text
11_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (356kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini didasari oleh adanya masalah penolakan dan pemecatan oleh industri di wilayah kabupaten Bandung terhadap lulusan SMK yang termasuk kategori Gen Z. Selain itu, dunia kerja lebih mengutamakan soft skills saat perekrutan dibandingkan hardskills sehingga sekolah sebagai lembaga pendidikan perlu mengadakan upaya dalam mempersiapkan Gen Z menghadapi persaingan di dunia kerja. Kebutuhan akan pendekatan bimbingan yang tidak hanya memperhatikan aspek kognitif dan keterampilan teknis, tetapi juga nilai-nilai spiritual dan etika Islami yang relevan dengan karakteristik Gen Z. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui layanan bimbingan karier Islami dalam pengembangan Soft skills Gen Z, mengetahui implementasi layanan bimbingan karier Islam melalui bimbingan kelompok untuk pengembangan Soft Skills Gen Z, dan mengetahui hasil implementasi layanan bimbingan karier Islam melalui bimbingan kelompok untuk pengembangan Soft Skills Gen Z di SMKN 1 Cilengkrang Kabupaten Bandung. Landasan teori dalam penelitian ini yaitu pemikiran Suyatno sebagai grand theory bahwa bimbingan karier Islami adalah bentuk bimbingan yang bertujuan untuk membantu peserta didik dalam mengenal diri, memilih dan merencanakan pekerjaan, serta mengembangkan sikap kerja yang berlandaskan pada ajaran Islam seperti tanggung jawab, jujur, amanah, dan bekerja sebagai bentuk pengabdian kepada Allah SWT. Bimbingan kelompok Daryanton sebagai middle theory dan soft skills forum bursa kerja kabupaten Bandung sebagai applied theory. Sumber data terdiri dari guru Bimbingan dan Konseling (konselor), wakil kepala sekolah bidang kesiswaan dan kurikulum, juga siswa yang telah mengikuti layanan. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kualitatif sebagai landasan metodologisnya. Paradigma penelitian yang mendasari penelitian ini adalah interpretatif. Penelitian yang ini relevan dengan menggunakan penelitian kualitatif karena memenuhi karakteristik penelitian kualitatif, terutama perihal pengungkapan data secara mendalam melalui wawancara, observasi, catatan lapangan, dan studi dokumentasi terhadap layanan bimbingan karier Islami, bagaimana implementasi layanannya melalui bimbingan kelompok, dan bagaimana hasil dari layanan yang diberikan dalam realitas di lapangan. Metode penelitian ini adalah studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Layanan bimbingan karier Islami dalam pengembangan soft skill Gen Z di SMKN I Cilengkrang termasuk pada layanan informasi dengan materi layanan meliputi: kepercayaan diri, mendengar aktif, mengelola stress, problem solving, dan team work. Layanan ini dilaksanakan dalam bentuk bimbingan kelompok. terjadi pengembangan hal ini karena adanya penerapan lima nilai-nilai keislaman yaitu: 1) tauhid (keimanan kepada Allah) 2) khalasa atau niat yang ikhlas, 3) tawazun yaitu keseimbangan dunia dan akhirat, 4) syura atau musyawarah, dan 5) taawun yang berarti kerjasama dan saling membantu antara individu atau kelompok dalam mencapai tujuan yang baik dan mulia. Hasil dari penelitian ini dapat dilihat dalam Rencana Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling (RPLBK) sebagai temuan, dan penawaran gagasan baru.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: bimbingan karier Islami; bimbingan kelompok; soft skills; Gen Z
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: R Rindoe Devianty Atmaja Kusumah
Date Deposited: 04 Jul 2025 07:06
Last Modified: 04 Jul 2025 07:06
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/111267

Actions (login required)

View Item View Item