Darmawan, Ade Fakhriah (2025) Menganalisis Company Value melalui Profitability dan Sales Growth pada perusahaan sektor telekomunikasi yang tercatat di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) periode 2014-2023. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (34kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (146kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (177kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (422kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (278kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (413kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (124kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (171kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (528kB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan industri telekomunikasi di era digital mendorong perusahaan untuk terus meningkatkan company value guna menarik minat investor dan mempertahankan keberlanjutan bisnis. Company value menjadi indikator penting bagi investor dalam menilai kinerja perusahaan, yang dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti profitability dan sales growth. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh profitability dan sales growth terhadap company value (PBV) baik secara parsial maupun simultan pada perusahaan sektor telekomunikasi. Diharapkan penelitian ini dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan strategi perusahaan dalam meningkatkan nilai perusahaan serta menjadi pertimbangan bagi investor dalam pengambilan keputusan investasi. Kerangka pemikiran penelitian ini menyatakan bahwa profitability dan sales growth sama-sama memengaruhi company value. profitability yang tinggi menunjukkan efisiensi perusahaan dalam menghasilkan laba dari aset, sehingga mampu meningkatkan nilai perusahaan. Namun, jika sales growth tidak sejalan atau tidak konsisten, maka sinyal pertumbuhan yang diterima investor menjadi lemah. Oleh karena itu, investor cenderung menilai nilai perusahaan lebih tinggi ketika profitabilitas kuat, meskipun pertumbuhan penjualan tidak signifikan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode regresi data panel. Sampel yang digunakan sebanyak tiga perusahaan telekomunikasi, yaitu PT Telkom Indonesia Tbk, PT XL Axiata Tbk, dan PT Indosat Ooredoo Hutchison Tbk, yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data kuantitatif yang diperoleh dari sumber sekunder berupa data time series untuk periode 2014–2023. Temuan pengujian menunjukkan bahwa variabel profitability secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap company value secara parsial, dengan hasil H0 ditolak dan Ha diterima. Sebaliknya, variabel sales growth secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap company value, sehingga H0 diterima dan Ha ditolak. Pengujian secara simultan menunjukkan bahwa profitability dan sales growth secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap company value, dengan Fhitung sebesar 15.71630 > Ftabel 3.35 dan nilai probabilitas 0.000030 < 0.05. Maka Ho ditolak dan Ha diterima.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Profitability;Sales Growth;Company Value; Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI);Sektor Telekomunikasi |
Subjects: | Econmics Macroeconomics and Related Topics |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah |
Depositing User: | Ade Fakhriah Darmawan |
Date Deposited: | 08 Jul 2025 01:09 |
Last Modified: | 08 Jul 2025 01:09 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/111315 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |