Cahyaningsih, Nur Wahyu (2025) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe take and give untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (65kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (117kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (347kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (224kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (242kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (548kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (55kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (186kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Keterampilan sosial merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa agar bisa beradaptasi dengan baik di lingkungannya. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan sosial siswa kelas V di MI Ar-Ridhwan. Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui keterampilan sosial siswa sebelum diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe take and give di kelas V MI Ar-Ridhwan; (2) mengetahui bagaimana proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe take and give dalam peningkatan keterampilam sosial siswa di kelas V MI Ar-Ridhwan pada mata pelajaran PPKn; (3) mengetahui keterampilan sosial siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe take and give di kelas V MI Ar-Ridhwan. Penelitian ini menduga bahwa penggunaan dan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe take and give dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau biasa disebut dengan penelitian campuran, yang dilakukan dalam dua siklus. Penelitian ini mengumpulkan data melalui observasi dan kuesioner. Penelitian ini melibatkan siswa Kelas V MI Ar-Ridhwan yang terdiri dari 30 siswa. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) keterampilan sosial siswa masih rendah yaitu 49,32%. (2) proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe take and give dilakukan dengan baik. Persentase aktivitas guru siklus I tindakan 1 yaitu 61% untuk aktivitas siswanya 58%, pada siklus 1 tindakan 2 yaitu 70% untuk aktivitas siswanya 65%, persentase aktivitas guru siklus II Tindakan 1 yaitu 78% untuk aktivitas siswanya 76%, pada siklus II Tindakan 2 yaitu 87% untuk aktivitas siswanya 92%. (3) setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe take and give di setiap siklus dan tindakannya terdapat peningkatan keterampilan sosial siswa. Pada siklus I yaitu 75,45% Dan pada siklus II yaitu 85,71%.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran tipe Take and Give ; Keterampilan Sosial ; Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations Civil Rights > Citizenship Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods Elementary Education > Elementary School |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur wahyu Cahyaningsih |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 07:43 |
Last Modified: | 07 Jul 2025 07:43 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/111482 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |