Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe take and give untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan

Cahyaningsih, Nur Wahyu (2025) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe take and give untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (347kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (548kB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan sosial merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa agar bisa beradaptasi dengan baik di lingkungannya. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan sosial siswa kelas V di MI Ar-Ridhwan. Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui keterampilan sosial siswa sebelum diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe take and give di kelas V MI Ar-Ridhwan; (2) mengetahui bagaimana proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe take and give dalam peningkatan keterampilam sosial siswa di kelas V MI Ar-Ridhwan pada mata pelajaran PPKn; (3) mengetahui keterampilan sosial siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe take and give di kelas V MI Ar-Ridhwan. Penelitian ini menduga bahwa penggunaan dan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe take and give dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau biasa disebut dengan penelitian campuran, yang dilakukan dalam dua siklus. Penelitian ini mengumpulkan data melalui observasi dan kuesioner. Penelitian ini melibatkan siswa Kelas V MI Ar-Ridhwan yang terdiri dari 30 siswa. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) keterampilan sosial siswa masih rendah yaitu 49,32%. (2) proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe take and give dilakukan dengan baik. Persentase aktivitas guru siklus I tindakan 1 yaitu 61% untuk aktivitas siswanya 58%, pada siklus 1 tindakan 2 yaitu 70% untuk aktivitas siswanya 65%, persentase aktivitas guru siklus II Tindakan 1 yaitu 78% untuk aktivitas siswanya 76%, pada siklus II Tindakan 2 yaitu 87% untuk aktivitas siswanya 92%. (3) setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe take and give di setiap siklus dan tindakannya terdapat peningkatan keterampilan sosial siswa. Pada siklus I yaitu 75,45% Dan pada siklus II yaitu 85,71%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran tipe Take and Give ; Keterampilan Sosial ; Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Civil Rights > Citizenship
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Elementary Education > Elementary School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur wahyu Cahyaningsih
Date Deposited: 07 Jul 2025 07:43
Last Modified: 07 Jul 2025 07:43
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/111482

Actions (login required)

View Item View Item