Pengaruh rasio keuangan Current Ratio (CR) Return On Asset (ROA) dan Debt to Asset Ratio (DAR) terhadap financial distress: Studi pada perusahaan sektor transportasi yang terdaftar di BEI periode 2016-2023

Heni, Heni (2025) Pengaruh rasio keuangan Current Ratio (CR) Return On Asset (ROA) dan Debt to Asset Ratio (DAR) terhadap financial distress: Studi pada perusahaan sektor transportasi yang terdaftar di BEI periode 2016-2023. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11_lampiran heni.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (491kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (549kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (713kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text
BEBAS PLAGIASI HENI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Heni (1219240090): “Pengaruh Rasio Keuangan Current Ratio (CR), Return On Asset (ROA), dan Debt to Asset Ratio (DAR) Terhadap Financial Distress (Studi pada Perusahaan Sektor Transportasi yang Terdaftar di BEI Periode 2016-2023)” Perusahaan transportasi banyak dipengaruhi oleh perubahan dalam siklus ekonomi. Salah satu tantangan utama dalam manajemen bisnis transportasi adalah risiko Financial Distress, yang mencakup potensi risiko keuangan, termasuk risiko kebangkrutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis, dan menguji apakah Current Ratio, Return On Asset dan Debt to Asset Ratio memiliki pengaruh terhadap Financial Distress baik secara parsial maupun simultan pada perusahaan sektor transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2023. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Objek penelitian yang ditetapkan sebanyak 6 perusahaan menggunakan teknik purposive sampling. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari situs BEI dan situs resmi perusahaan. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi data panel, uji-t, uji-F dan uji koefisien determinasi (R2) dengan bantuan software Eviews 13. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Current Ratio (X1) secara parsial memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap Financial Distress yang diukur dengan Z-Score (Y). Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai uji t, yaitu t-hitung -10,336 > t-tabel 2,012 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Variable Return On Asset (X2) secara parsial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Financial Distress yang dukur dengan Z-Score (Y). Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai uji t, yaitu t-hitung 2,514 > t-tabel 2,012 dan nilai signifikansi 0,015 > 0,05. Sedangkan Debt to Asset Ratio (X3) secara parsial memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap Financial Distress yang dukur dengan Z-Score (Y), hal ini ditunjukkan dengan nilai uji t y, t-hitung -9,435 > 2,012 t-tabel dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Secara simultan Current Ratio (X1), Return On Asset (X2) dan Debt to Asset Ratio (X3) memiliki pengaruh signifikan terhadap Financial Distress yang diukur dengan Z-Score (Y). Hal tersebut ditunjukkan dengan uji simultan, yaitu F-hitung 50,030 > 1,641 F-tabel dengan signifikansi 0.000 < 0.05 atau lebih kecil dari 5%. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa proporsi pengaruh Current Ratio (X1), Return On Asset (X2), dan Debt to Asset Ratio (X3) secara simultan terhadap Financial Distress yang diukur dengan Z-Score (Y) memiliki nilai R-Square sebesar 77,3%, sedangkan untuk nilai Adjusted R-Square sebesar 75,7% sisanya sebesar 24,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diamati dalam penelitian ini. Kesimpulan dan saran disajikan lebih rinci di dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Current Ratio; Return On Asset; Debt to Asset Ratio; Financial Distress
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
General Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Rabbani Heni
Date Deposited: 09 Jul 2025 03:10
Last Modified: 09 Jul 2025 05:36
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/111487

Actions (login required)

View Item View Item