Representasi diri di media sosial Instagram dalam pembentukan identitas: Penelitian pada mahasiswa Prodi Sosiologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Khairany, Keisha Alya (2025) Representasi diri di media sosial Instagram dalam pembentukan identitas: Penelitian pada mahasiswa Prodi Sosiologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (255kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (67kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Di tengah meningkatnya penggunaan Instagram di kalangan generasi muda, muncul fenomena di mana mahasiswa secara aktif membangun citra diri melalui unggahan foto, video, dan narasi. Fenomena ini mendorong kebutuhan untuk memahami bagaimana representasi diri yang dibentuk di media sosial memengaruhi proses pembentukan identitas, terutama dalam konteks mahasiswa yang hidup di tengah tuntutan sosial, akademik, dan budaya digital. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bentuk-bentuk representasi diri yang ditampilkan mahasiswa Program Studi Sosiologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung di Instagram, mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi representasi tersebut, serta menganalisis bagaimana representasi diri di media sosial berperan dalam proses pembentukan identitas mahasiswa. Penelitian ini menggunakan teori dramaturgi Erving Goffman sebagai landasan analisis, yang memandang interaksi sosial layaknya pertunjukan di atas panggung, di mana setiap individu memainkan peran tertentu sesuai dengan harapan sosial. Instagram berfungsi sebagai panggung depan (front stage) tempat mahasiswa menampilkan versi ideal dari dirinya, sementara sisi pribadi atau autentik mereka tersembunyi di balik panggung (back stage). Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa Program Studi Sosiologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung membentuk representasi diri di Instagram melalui tiga bentuk: visual (berupa unggahan foto), audiovisual (berupa unggahan video di Reels), dan naratif (berupa caption). Representasi ini dikonstruksi secara sadar untuk membentuk citra diri tertentu. Faktor yang memengaruhinya berasal dari dua arah yaitu, faktor internal seperti minat, hobi, dan kepercayaan diri, serta faktor eksternal seperti dorongan dari keluarga, pengaruh komunitas, organisasi, dan role model digital. Penelitian juga menemukan adanya pemisahan antara front stage (akun utama) dan back stage (akun kedua). Mahasiswa menampilkan versi terbaik dari diri mereka di akun utama, sementara ekspresi diri yang lebih privat ditampilkan di akun kedua. Representasi diri tersebut membentuk identitas mahasiswa secara aktif karena mereka memanfaatkan Instagram sebagai ruang strategis untuk menunjukkan siapa diri mereka, bagaimana ingin dipersepsikan, serta untuk menegosiasikan antara keaslian pribadi dan ekspektasi sosial publik digital.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Representasi Diri; Identitas; Instagram; Teori Dramaturgi
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Keisha Alya Khairany
Date Deposited: 08 Jul 2025 03:29
Last Modified: 08 Jul 2025 03:29
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/111570

Actions (login required)

View Item View Item