Adiyatna, Muhammad Rezza (2025) Penerapan model Project Based Learning berbantuan media Articulate Storyline untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi kinematika gerak lurus. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (163kB) | Preview |
|
|
Text (SURAT PERNYATAAN KEASLIAN)
3_suratpernyataankeaslian.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (446kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (651kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (550kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (957kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (210kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (216kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Project based learning (PjBL) dan Discovery learning yang kedua model tersebut berbantu media articulate storyline dan peningkatan berpikir kreatif peserta didik menggunakan model pembelajaran Project based learning dan Discovery learning. Metode penelitian menggunakan metode percobaan semu (Quasy Experiment) dengan desain pre-tes post-test Non-equivalent Control Group Design. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 32 peserta didik pada masing-masing kelas. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan adalah 1) keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Project based learning (PjBL) berbantuan media articulate storyline pada kelas eksperimen memperoleh presentase rata-rata aktivitas guru sebesar 91% dan presentase rata-rata aktivitas peserta didik sebesar 91,5% keduanya memiliki interpretasi keterlaksanaan sangat baik, sedangkan pada kelas kontrol memiliki presentasi rata-rata aktivitas guru sebesar 87% dan rata-rata aktivitas peserta didik sebesar 89% dengan interpretasi sangat baik 2) terdapat peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didik, yang diperlihatkan hasil n-gain dengan skor 0,70 dengan interpretasi tinggi pada kelas eksperimen dan 0,63 dengan interpretasi sedang pada kelas kontrol. Hasil uji hipotesis menggunakan independent sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05 memperlihatkan nilai (0,009 < 0,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada keterampilan berpikir kreatif peserta didik antara pembelajaran dan penerapan model Project based learning (PjBL) dan Discovery learning pada materi kinematika gerak lurus.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Project based learning (PjBL); articulate storyline; berpikir kreatif; gerak lurus |
Subjects: | Library and Information Sciences Islam > Islamic Religious Education Educational Institutions, Schools and Their Activities Light, Infrared and Ultraviolet Phenomena > Physical Optics Applied Physics General Management > Education, Research of Management |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Adiyatna Muhammad Rezza |
Date Deposited: | 16 Jul 2025 08:19 |
Last Modified: | 16 Jul 2025 08:19 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/111690 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |