Penerapan model Project Based Learning berbantuan media Articulate Storyline untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi kinematika gerak lurus

Adiyatna, Muhammad Rezza (2025) Penerapan model Project Based Learning berbantuan media Articulate Storyline untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi kinematika gerak lurus. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SURAT PERNYATAAN KEASLIAN)
3_suratpernyataankeaslian.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (446kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (651kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (550kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (957kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Project based learning (PjBL) dan Discovery learning yang kedua model tersebut berbantu media articulate storyline dan peningkatan berpikir kreatif peserta didik menggunakan model pembelajaran Project based learning dan Discovery learning. Metode penelitian menggunakan metode percobaan semu (Quasy Experiment) dengan desain pre-tes post-test Non-equivalent Control Group Design. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 32 peserta didik pada masing-masing kelas. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan adalah 1) keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Project based learning (PjBL) berbantuan media articulate storyline pada kelas eksperimen memperoleh presentase rata-rata aktivitas guru sebesar 91% dan presentase rata-rata aktivitas peserta didik sebesar 91,5% keduanya memiliki interpretasi keterlaksanaan sangat baik, sedangkan pada kelas kontrol memiliki presentasi rata-rata aktivitas guru sebesar 87% dan rata-rata aktivitas peserta didik sebesar 89% dengan interpretasi sangat baik 2) terdapat peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didik, yang diperlihatkan hasil n-gain dengan skor 0,70 dengan interpretasi tinggi pada kelas eksperimen dan 0,63 dengan interpretasi sedang pada kelas kontrol. Hasil uji hipotesis menggunakan independent sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05 memperlihatkan nilai (0,009 < 0,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada keterampilan berpikir kreatif peserta didik antara pembelajaran dan penerapan model Project based learning (PjBL) dan Discovery learning pada materi kinematika gerak lurus.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Project based learning (PjBL); articulate storyline; berpikir kreatif; gerak lurus
Subjects: Library and Information Sciences
Islam > Islamic Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Light, Infrared and Ultraviolet Phenomena > Physical Optics
Applied Physics
General Management > Education, Research of Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Adiyatna Muhammad Rezza
Date Deposited: 16 Jul 2025 08:19
Last Modified: 16 Jul 2025 08:19
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/111690

Actions (login required)

View Item View Item