Penerapan model pembelajaran Predict Discuss Explain Observe Discuss Explain (PDEODE)

Yuningsih, Yuyun (2023) Penerapan model pembelajaran Predict Discuss Explain Observe Discuss Explain (PDEODE). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (444kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pemahaman matematis siswa hal pemting dalam pembelajaran matematika karena matematika mempelajari konsep-konsep yang saling terhubung dan saling berkesinambungan antara materi yang satu dengan yang lainnya. Sehingga tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan dan pencapaian pemahaman matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran PDEODE. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain non-equivalent control group design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas control di SMP KP 2 Majalaya Kabupaten Bandung. Instrumenterdiri dari tes kemampuan matematis siswa dan non tes berupa angket skala sikap siswa. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan: (1) Peningkatan pemahaman matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran PDEODE memperoleh skor rata-rata N-Gain lebih tinggi dibandingkan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional; (2) Peningkatan pemahaman matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran PDEODE lebih baik dari pada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional; (3) Sikap siswa terhadap pembelajaran matematika terkait model pembelajaran PDEODE didapatkan bahwa siswa memberikan sikap positif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: PDEODE; Pemahaman Matematis; Eksperimen
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Yuningsih Yuyun
Date Deposited: 09 Jul 2025 08:27
Last Modified: 09 Jul 2025 08:27
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/111730

Actions (login required)

View Item View Item