Pengaruh psikoedukasi sabar terhadap regulasi emosi: Studi eksperimen pada remaja di Perumahan Sarimas

Zahran, Azmi Najwa Azalia (2025) Pengaruh psikoedukasi sabar terhadap regulasi emosi: Studi eksperimen pada remaja di Perumahan Sarimas. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (342kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Masa remaja dikenal sebagai fase storm and stress yang ditandai dengan ketegangan emosional akibat perubahan fisik dan tekanan sosial. Ketidakstabilan emosi kerap menyebabkan remaja mengalami kesulitan dalam regulasi emosi, yaitu kemampuan mengelola, mengekspresikan, dan merespons emosi dengan tepat. Hal ini sejalan dengan makna sabar yaitu menahan diri dan tetap tenang dalam menghadapi kesulitan. Sabar dapat menjadi regulasi emosi dengan mengendalikan reaksi emosional yang berlebihan. Hal ini menarik minat peneliti untuk melakukan penelitian dengan judul “Pengaruh Psikoedukasi Sabar Terhadap Regulasi Emosi (Studi Eksperimen Pada Remaja di Perumahan Sarimas)”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat regulasi emosi remaja sebelum dan sesudah diberikan psikoedukasi sabar, menganalisis pengaruh intervensi tersebut secara statistik, serta menggali pengalaman dan persepsi remaja setelah mengikuti kegiatan psikoedukasi sabar dalam mengelola emosi. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed methods desain kuantiatif One Group Pre-test Post-test Design dan pendekatan kualitatif melalui teknik dokumen. Sampel dalam penelitian ini adalah 11 remaja di Perumahan Sarimas yang mendaftar untuk mengikuti kegiatan psikoedukasi sabar untuk meningkatkan regulasi emosi. Instrumen kuantitatif yang digunakan adalah skala regulasi emosi yang dikembangkan oleh Tria Yunita Sari dan Najlatun Naqiyah (2023) serta analisis data menggunakan Uji T (Paired Samples T-Test). Data kualitatif dianalisis secara tematik. Hasil penelitian menunjukkan tidak adanya pengaruh secara statistik pada regulasi emosi sebelum dan sesudah diberikan psikoedukasi sabar (p > 0,05). Namun, data kualitatif mengungkapkan dua tema yaitu (1) hal baru yang didapatkan tentang emosi, (2) teknik yang paling membantu dalam regulasi emosi. Temuan ini menunjukkan bahwa meskipun tidak signifikan secara statistik, psikoedukasi sabar memberikan dampak positif secara subjektif dalam meningkatkan kesadarn dan pengelolaan emosi pada remaja.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: regulasi emosi; remaja; sabar; psikoedukasi sabar; mixed methods
Subjects: Psychology
Psychology > Experinmental Research
Religious Education
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Azmi Najwa Azalia Zahran
Date Deposited: 09 Jul 2025 07:12
Last Modified: 09 Jul 2025 07:12
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/111778

Actions (login required)

View Item View Item