Pengaruh penggunaan media kartu kata bergambar terhadap kemampuan menyimak anak usia dini: Kuasi eksperimen di kelompok B1 RA Nurul Amal Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung

Nurmillah, Syahida (2025) Pengaruh penggunaan media kartu kata bergambar terhadap kemampuan menyimak anak usia dini: Kuasi eksperimen di kelompok B1 RA Nurul Amal Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (1_Cover)
COVER.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (2_Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERNYATAAN KARYA ILMIAH.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (3_Daftar isi)
DAFTAR ISI.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (4_Bab 1)
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (269kB) | Preview
[img] Text (5_Bab 2)
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB) | Request a copy
[img] Text (6_Bab 3)
BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB) | Request a copy
[img] Text (7_Bab 4)
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (528kB) | Request a copy
[img] Text (8_ Bab 5)
BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB) | Request a copy
[img] Text (9_ Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB) | Request a copy
[img] Text (10_ Lampiran penelitian)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pengaruh Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar Terhadap kemampuan Menyimak Anak Usia Dini (Kuasi Eksperimen di Kelompok B1 RA Nurul Amal Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan pada saat observasi awal bahwa kemampuan menyimak anak kelompok B RA Nurul Amal Kecamatan Cileuyi Kabupaten Bandung belum berkembang secara optimal. Hal ini dilihat dari anak yang belum mampu menyimak perkataan orang lain dimana anak cenderung membagi perhatiannya pada kegiatan yang lebih menarik, anak cenderung asyik mengobrol dengan teman di sebelahnya dan tidak mendengarkan pemaparan yang guru sampaaikaan, dan belum mampu mengenal bunyi huruf awal dari nama-nama benda-benda disekitarnya. Selain itu guru di sekolahpun mengakui belum menemukan media pembelajaran yang menarik untuk anak. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui: (1) kemampuan menyimak anak usia dini melalui media kartu kata bergambar di kelompok B1 RA Nurul Amal Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung (2) kemampuan menyimak anak di melalui media kartu huruf di kelompok B1 RA Nurul Amal Kecamatan Cileunyi kabupaten Bandung (3) Perbedaan pengaruh kemampuan menyimak anak usia dini antara media kartu kata bergambar dengan media kartu huruf di kelompok B1 RA Nurul Amal Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Penelitian ini didasari teori bahwa media kartu kata bergambar dapat memberikan pengaruh kemampuan menyimak anak. Media kartu kata bergambar dapat mengenalkan gambar-gambar dan kata-kata yang akan memudahkan dalam proses penyampaian materi pembelajaran sehingga terjadi dialog antara guru dan anak, anak dapat berpendapat di depan kelas, dan dapat merangsang perhatian anak. Oleh karena itu diasumsikan terdapat pengaruh penggunaan media kartu kata bergambar terhadap kemampuan menyimak anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah kuasi eksperimen dengan populasi 24 siswa. Sampel yang diambil dalam penelitian ini 24 siswa. Rancangan penelitian ini, pertama dilakukan test terhadap kelompok eksperimen dan kelompok kontrol untuk mengetahui kemampuan menyimak anak sebelum dilakukan perlakuan. Setelah itu pengujian dilakukan pada kedua kelompok untuk menilai kemampuan menyimak setelah diberikan perlakuan. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu dengan menggunakan uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil analisis pada penelitian ini diperoleh nilai pretest pada kelompok eksperimen sebesar 65,10 dan pada kelompok kontrol sebesar 59,64. Diberikan treatment pada kelompok eksperimen dengan mengenalkan media kartu kata bergambar dan media kartu huruf pada kelompok kontrol. Dilakukan posttest pada kelompok eksperimen dengan menggunakan media kartu kata bergambar diperoleh nilai rata-rata 83,85 dan posttest pada kelompok kontrol dengan menggunakan media kartu huruf diperoleh nilai rata-rata sebesar 69,53. Berdasarkan hasil uji hipotesis, diperoleh harga t hitung 9,421 > t tabel= 1,717. Maka hipotesisnya Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media kartu kata bergambar terhadap kemampuan menyimak anak di kelompok B1 RA Nurul Amal Kecamatan Cileunyi kabupaten Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Kartu Kata Bergambar(;) Kemampuan Menyimak
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Syahida Nurmillah Nurmillah
Date Deposited: 10 Jul 2025 08:55
Last Modified: 11 Jul 2025 05:44
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/111899

Actions (login required)

View Item View Item