Supartini, Supartini (2025) Pengaruh metode bernyanyi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII MTS Miftahul Falah Kota Bandung : Penelitian kuasi eksperimen kelas VII MTS Miftahul Falah Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (39kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (133kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (301kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (167kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (277kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (273kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (261kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (559kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (135kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (211kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini di latarbelakangi oleh hasil studi pendahuluan yang menunjukkan bahwa di MTs Miftahul Falah Kota Bandung metode pembelajaran yang diterapkan hanya menggunakan metode ceramah, tanpa adanya penerapan metode bervariasi. Hal tersebut diduga salah satu faktor penyebab belum optimalnya hasil belajar siswa. Oleh karna itu peneliti tertarik untuk menerapkan metode bernyanyi yang di duga untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Penggunaan metode bernyanyi pada materi riya dan nifak pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII Miftahul Falah Kota Bandung; (2) Hasil belajar siswa pada materi riya dan nifak pada mata pelajaran Akidah Akhalak kelas VII MTs Miftahul Falah Kota Bandung dan (3) Pengaruh penggunaan metode bernyanyi terhadap hasil belajar siswa pada materi riya dan nifak pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII MTs Miftahul Falah Kota Bandung.Metode bernyanyi di asumsikan dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa karna memiliki sejumlah keunggulan diantaranya: mampu merangsang imajinasi, memicu kreativitas siswa, serta memberikan stimulus yang kuat terhadap otak sehingga berdampak pada percepatan perkembangan kognitif siswa.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen dan desain nonequivalent control group. Data kualitatif dianalisis melalui pendekatan logika, sementara data kuantitatif menggunakan teknik statistik. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan bantuan SPSS versi 27 melalui tahapan uji statistik deskriptif n-gain, dan hipotesis. Uji kolmogrov smirnov digunakan untuk menganalisis normalitas data, levene test untuk menganalisis homogenitas data, sedangkan mann-whitney u test untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penggunaan metode bernyanyi terlaksana dengan sangat baik sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran dengan skor rata-rata sebesar 91,66% (2) Hasil belajar kelas eksperimen setelah di terapkannya metode bernyanyi berada pada kategori baik dengan skor rata-rata sebesar 86,40 (3). Pengaruh penggunaan metode bernyanyi terhadap hasil belajar siswa materi akhlak tercela riya dan nifak pada kelas eksperimen berada pada kategori sedang dengan skor n-gain 0,65. Serta hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan dengan nilai Asymp Sig. (2-tailed) lebih kecil dari 0,05 yaitu < 0,001 < 0,05 maka hipotesis diterima. Hal ini menunjukkan bahwa “Metode bernyanyi berpengaruh secara signifikan dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak materi Akhlak tercela riya dan nifak”
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Islam; Islamic Religious Education; Aqaid (Aqidah, Akidah) dan Ilmu Kalam; Project Methods |
Subjects: | Islam Islam > Islamic Religious Education Aqaid (Aqidah, Akidah) dan Ilmu Kalam Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | supartini supartini |
Date Deposited: | 11 Jul 2025 03:23 |
Last Modified: | 11 Jul 2025 03:23 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/111972 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |