Penerapan media pembelajaran berbasis aplikasi Classdojo untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti: penelitian kuasi eksperimen di kelas XI SMA Karya Budi Cileunyi Kabupaten Bandung

Ulfarizkina, Ulfarizkina (2025) Penerapan media pembelajaran berbasis aplikasi Classdojo untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti: penelitian kuasi eksperimen di kelas XI SMA Karya Budi Cileunyi Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (638kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (406kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan terkait rendahnya aktivitas belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Karya Budi Cileunyi Kabupaten Bandung. Siswa kelas XI terlihat kurang fokus ketika kegiatan pembelajaran, sering melamun, kurang memperhatikan penjelasan guru, tidak semua siswa mencatat materi dan ada yang mengobrol dengan teman sebangku. Untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa, peneliti menggunakan media pembelajaran berbasis aplikasi ClassDojo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Proses penerapan media pembelajaran berbasis aplikasi ClassDojo dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas XI SMA Karya Budi Cileunyi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti; (2) Aktivitas belajar siswa kelas XI SMA Karya Budi Cileunyi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti; (3) Peningkatan aktivitas belajar siswa kelas XI SMA Karya Budi Cileunyi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui penerapan media pembelajaran berbasis aplikasi ClassDojo. Aktivitas belajar siswa yang tinggi dan rendah dapat dipengaruhi oleh penerapan media pembelajaran. Penerapan media pembelajaran berbasis aplikasi ClassDojo diasumsikan dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti karena memiliki fitur yang interaktif seperti reward poin, portofolio, class story, dan manajemen kelas yang memberikan stimulus, membangun sikap positif, dan menciptakan suasana belajar yang aktif untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group. Pengumpulan data diperoleh dengan angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Proses pengolahan data dilakukan dengan menggunakan IBM SPSS versi 27. Pengujian data yang dilakukan adalah analisis aktivitas belajar kelas eksperimen, aktivitas belajar kelas kontrol, uji normalitas, uji homogenitas, uji n-gain, dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) Proses penerapan media pembelajaran berbasis aplikasi ClassDojo terlaksana dengan sangat baik. Hal ini didasarkan pada hasil observasi guru, diperoleh rata-rata 96,5% dengan kategori sangat baik; (2) Aktivitas belajar siswa kelas XI SMA Karya Budi Cileunyi pada mata pelajaran PAI-BP berada pada kategori tinggi dan sedang. Hal ini didasarkan pada rata-rata kelas eksperimen 3,73 dan rata-rata kelas kontrol 3,48; (3) Peningkatan aktivitas belajar siswa kelas XI SMA Karya Budi Cileunyi melalui penerapan media pembelajaran berbasis aplikasi ClassDojo masuk pada kategori rendah. Hal ini didasarkan pada hasil pengujian N-Gain. Rata-rata N-Gain kelas eksperimen adalah 0,11 dan hasil uji hipotesis menunjukkan nilai (Sig.2-tailed) 0,02<0,05, sehingga terdapat peningkatan signifikan aktivitas belajar siswa melalui penerapan media pembelajaran berbasis aplikasi ClassDojo.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran; Aktivitas Belajar; ClassDojo; Pendidikan Agama Islam
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Secondary Education > Upper Level Secondary School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ulfarizkina Ulfarizkina
Date Deposited: 11 Jul 2025 03:04
Last Modified: 11 Jul 2025 03:04
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/111999

Actions (login required)

View Item View Item