Pengaruh penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMK Pertiwi Sukamandi

Yuliani, Yuliani (2025) Pengaruh penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMK Pertiwi Sukamandi. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (586kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pernyataan Karya Sendiri (2).pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (737kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16MB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN (83).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Di SMK Pertiwi Sukamandi telah dilakukan upaya untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) melalui langkah-langkah sistematis yang mengikuti sintaks model tersebut, yaitu: menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa, menyajikan informasi, mengorganisasikan siswa dalam kelompok (berpasangan), membimbing kelompok, melakukan evaluasi, dan memberikan penghargaan. Namun, kenyataannya masih ditemukan siswa yang pasif dalam pembelajaran dan memiliki nilai di bawah KKM (78). Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan penerapan model TPS. 2) Mendeskripsikan keterampilan berpikir kritis siswa. 3) Mendeskripsikan hasil belajar siswa. 4) Mendeskripsikan pengaruh penerapan model TPS terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. 5) Mendeskripsikan pengaruh penerapan model TPS terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini didasari oleh teori yang mengatakan bahwa penggunaan model pembelajaran TPS dapat melatih dan mengembangkan keterampilan berpikir serta aktivitas siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa yang memiliki keterampilan berpikir kritis tinggi maupun rendah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi dikarenakan data-data yang digunakan berupa angka-angka untuk merepresentasikan hasil penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa 1) Penerapan model TPS tergolong ke dalam kategori sangat baik dengan nilai 75 berada pada interval 64-84. Namun, masih terdapat kekurangan dalam penyampaian tujuan pembelajaran dan kurangnya penggunaan media pembelajaran visual. Solusinya guru perlu meningkatkan kualitas dalam penyampaian tujuan pembelajaran yang eksplisit dan menyajikan materi menggunakan media yang mendukung pemahaman siswa. 2) Keterampilan berpikir kritis siswa tergolong baik dengan rata-rata nilai 64 berada pada interval 60–79. Namun masih terdapat kekurangan dalam kemampuan mengidentifikasi masalah. Solusinya siswa perlu dilatih dalam tahapan awal berpikir kritis, yaitu mengenali dan memahami permasalahan yang sedang dibahas. 3) Hasil belajar siswa tergolong ke dalam kategori cukup baik dengan rata-rata nilai rapor 79 berada pada rentang 75-79. Namun belum sepenuhnya memenuhi KKM. Upaya peningkatan mutu pembelajaran perlu difokuskan tidak hanya pada penyampaian materi, tetapi juga pada penguatan strategi belajar, peningkatan motivasi dan pemberdayaan model pembelajaran. 4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan dengan nilai R²=0,251. Artinya model TPS mempengaruhi keterampilan berpikir kritis sebesar 25,1 % 5) Terdapat pengaruh positif dan signifikan dengan nilai R²=0,265. Artinya model TPS mempengaruhi hasil belajar siswa sebesar 26,5%.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: model TPS; keterampilan berpikir kritis; hasil belajar; pembelajaran PAI;
Subjects: Christianity > Education, Research
Islam
Islam Umum
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yuliani Yuli yuli
Date Deposited: 14 Jul 2025 04:09
Last Modified: 14 Jul 2025 04:09
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/112056

Actions (login required)

View Item View Item