Pengaruh Fear of Failure terhadap Self-Handicapping dengan Academic Self-Efficacy sebagai moderator pada siswa SMA "X" di Kota Bandung

Nurazizah, Syfa Aurela (2025) Pengaruh Fear of Failure terhadap Self-Handicapping dengan Academic Self-Efficacy sebagai moderator pada siswa SMA "X" di Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (Cover)
1_cover.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
2_abstrak.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK Bebas Plagiarism)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Isi)
4_daftarisi.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
5_bab1.pdf

Download (159kB) | Preview
[img] Text (Bab 2)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB) | Request a copy
[img] Text (Bab 3)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy
[img] Text (Bab 4)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB) | Request a copy
[img] Text (Bab 5)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy
[img] Text (Lampiran)
11_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kegagalan seringkali dikaitkan dengan sesuatu hal yang menyeramkan, bukan sebagai ruang untuk tumbuh. Dalam tekanan seperti ini, Sebagian siswa membentuk mekanisme perlindungan diri yang justru merugikan yang dikenal dengan istilah self-handicapping, yaitu sabotase terhadap performa sendiri demi menghindari rasa malu jika gagal. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh fear of failure terhadap self-handicapping, serta peran moderasi academic self-efficacy dalam hubungan tersebut. Menggunakan pendekatan kuantitatif dan desain moderasi, data diperoleh dari 180 siswa kelas XI SMA “X” Kota Bandung. Analisis menggunakan SPSS versi 27 dan Hayes ver 4.2 menunjukan bahwa fear of failure dan academic self-efficacy berpengaruh secara simultan dan parsial terhadap self-handicapping, meskipun academic self-efficacy tidak signifikan berperan sebagai moderator. Hasil ini memperlihatkan bahwa keyakinan akademik belum tentu cukup untuk meredam efek psikologis dari ketakutan akan gagal. Penelitian ini turut mengeksplorasi tantangan yang muncul dalam memahami dinamika self-handicapping di lingungan sekolah, diskusi mendalam turut disajikan mengenai keterbatasan pendekatan saat ini dalam menjelaskan dinamika tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Fear of Failure; Academic Self-Efficacy; Self-Handicapping; Remaja; Pendidikan
Subjects: Psychology > Education of Psychology
Education
Education > Psychology of Education
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Syfa Aurela Nurazizah
Date Deposited: 14 Jul 2025 01:19
Last Modified: 14 Jul 2025 01:19
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/112058

Actions (login required)

View Item View Item