Implementasi model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak: Penelitian di kelas VIII MTs Al-Musaa’adah Kecamatan Malangbong Kabupaten Garut

Zaki, Muhammad Haikal (2025) Implementasi model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak: Penelitian di kelas VIII MTs Al-Musaa’adah Kecamatan Malangbong Kabupaten Garut. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (567kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (250kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (717kB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya beberapa masalah berkenaan dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak. siswa kurang termotivasi untuk belajar Akidah Akhlak. Bahkan mereka merasa bosan saat proses belajar mengajar sedang berlangsung. Bahkan sebagian dari peserta didik masih mendapatkan nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui Penyusunan Model pembelajaran CTL dan PBL Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII MTs Al – Musaa’adah Garut, 2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada penerapan model pembelajaran CTL Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII MTs Al – Musaa’adah Garut, 3) Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada penerapan model pembelajaran PBL Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII MTs Al – Musaa’adah Garut, dan 4) Untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran CTL dan Model Pembelajaran PBL Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII MTs Al – Musaa’adah Garut. CTL merupakan suatu upaya mengelola pembelajaran agar siswa dapat memperoleh pembelajaran yang bermakna dimana materi pelajaran yang dipelajari dikaitkan dengan lingkungan sekitar siswa. PBL merupakan salah satu model pembelajaran yang berpusat pada siswa, sebelum pembelajaran dimulai, siswa akan diberikan masalah-masalah. Hasil belajar merupakan sejumlah pengalaman yang diperoleh siswa yang meliputi ranah kognitif, afektif, dan psikomotor. Pendekatan yang digunakan adalah quasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini yaitu 18 siswa kelas eksperimen I, 21 siswa kelas eksperimen II dan 23 siswa kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, tes, wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis uji-t statistik dengan menggunakan SPSS 26. Hasil penelitian in menunjukkan bahwa 1) Penerapan model pembelajaran CTL dan PBL dalam pembelajaran Akidah Akhlak menciptakan suasana kelas menjadi lebih aktif dan menarik. 2) Hasil belajar siswa menggunakan model CTL diketahui nilai rata-rata skor Kognitif yaitu 88,3 termasuk ke dalam kategori sangat tinggi. Sedangkan nilai rata-rata postes afektif siswa yaitu 3,55 termasuk dalam kategori tinggi. Sedangkan nilai rata-rata postes psikomotor siswa yaitu 90. kategori sangat tinggi. 3) Hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran PBL diketahui nilai rata-rata yaitu 77,3 termasuk ke dalam kategori tinggi. Sedangkan nilai rata-rata keseluruhan postes afektif siswa yaitu 3,68. termasuk dalam kategori tinggi. Sedangkan nilai rata-rata keseluruhan postes psikomotor siswa yaitu 86 termasuk dalam kategori sangat tinggi. 4) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran CTL dan PBL. Hal ini ditujukan dengan pengujian hipotesis dari ketiga hasil belajar siswa yang menyatakan bahwa terdapat perbedaan pada hasil belajar kognitif dan psikomotor dan tidak terdapat perbedaan pada hasil belajar afektif siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam; Model Pembelajaran; Hasil Belajar Siswa
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Haikal Zaki
Date Deposited: 11 Jul 2025 08:56
Last Modified: 11 Jul 2025 08:56
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/112075

Actions (login required)

View Item View Item