Maulana, Bagus (2025) Optimalisasi fungsi manajemen pondok pesantren dalam meningkatkan kualitas akademik santri : Studi kasus pada santri KMI Kulliyatul Mu'allimin Al-Islamiyah kelas 6 Pondok Pesantren Baitul Hidayah Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (171kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISME)
LPPS_Bagus Maulana.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (342kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (402kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (437kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (106kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (177kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam memiliki peran strategis dalam membentuk generasi yang unggul secara intelektual dan spiritual. Namun, masih banyak pesantren yang menghadapi tantangan dalam meningkatkan kualitas akademik santri akibat lemahnya sistem manajemen pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana optimalisasi fungsi manajemen—yang mencakup perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan—dapat meningkatkan kualitas akademik santri kelas 6 Kulliyatul Mu’allimin al-Islamiyah (KMI) di Pondok Pesantren Baitul Hidayah, Kabupaten Bandung. Penelitian ini didasarkan pada teori fungsi manajemen dari George R. Terry yang menekankan pentingnya integrasi antar elemen manajerial untuk mencapai tujuan pendidikan yang efektif. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam dengan pengasuh dan pengurus pesantren, serta dokumentasi kegiatan akademik. Fokus utama terletak pada implementasi fungsi manajemen dalam mendukung proses belajar mengajar dan pencapaian akademik santri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keempat fungsi manajemen telah diterapkan secara konsisten dan sistematis di Pondok Pesantren Baitul Hidayah. Perencanaan dilakukan berbasis visi-misi, pengorganisasian dijalankan melalui pembagian tugas yang jelas, pelaksanaan kegiatan dilakukan secara intensif dan terstruktur, serta pengawasan dilakukan melalui evaluasi rutin. Penerapan manajemen tersebut berdampak signifikan terhadap peningkatan hasil akademik, kedisiplinan belajar, serta prestasi santri dalam berbagai ajang kompetisi. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa optimalisasi fungsi manajemen menjadi faktor kunci dalam peningkatan mutu pendidikan pesantren. Temuan ini diharapkan dapat menjadi model atau referensi bagi lembaga pendidikan Islam lainnya dalam menerapkan prinsip manajemen secara efektif.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Fungsi Manajemen, Pondok Pesantren, Kualitas Akademik, Santri KMI, Optimalisasi |
Subjects: | Islam Umum > Islam dan Ilmu Sosial Social Welfare, Problems and Services General Management > Manajement for Specific Organizations General Management > Organizations |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah |
Depositing User: | Bagus Maulana |
Date Deposited: | 14 Jul 2025 02:08 |
Last Modified: | 14 Jul 2025 02:08 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/112127 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |