Fajdri, Andrian Syeif (2025) Pengaruh Total Asset Turnover, Current Ratio, dan Debt to Equity Ratio terhadap Return on Asset pada perusahaan sub sektor transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2016 - 2023. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (178kB) | Preview |
|
|
Text
2_ABSTRAK.pdf Download (158kB) | Preview |
|
|
Text
Surat Keterangan Bebas Plagiasi__Nama Lengkap__ (1) (5).pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
3_Daftar Isi.pdf Download (309kB) | Preview |
|
|
Text
4_BAB I.pdf Download (475kB) | Preview |
|
![]() |
Text
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (793kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (482kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (875kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (278kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (207kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Total Asset Turnover, Current Ratio, dan Debt to Equity Ratio terhadap Return on Asset pada perusahaan sub sektor transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2016–2023. Return on Asset (ROA) merupakan indikator penting dalam mengukur tingkat efisiensi perusahaan dalam menggunakan seluruh asetnya untuk menghasilkan laba. Total Asset Turnover (TATO) menunjukkan kemampuan perusahaan dalam menghasilkan pendapatan dari seluruh aset yang dimiliki, Current Ratio (CR) mencerminkan tingkat likuiditas perusahaan, sedangkan Debt to Equity Ratio (DER) menggambarkan struktur pendanaan perusahaan. Sektor Transportasi merupakan sektor yang paling dekat dengan masyarakat dan memiliki peran vital dimana sektor transportasi menjadi mobilitas dan menunjang aktivitas masyarakat, tetapi sektor transportasi menghadapi beberapa tantangan pada beberapa tahun kebelakang sehingga penting untuk dianalisis bagaimana kondisi keuangan perusahaan baik pada masa normal maupun kritis. Pada Penelitian ini menggunakan teori Manajemen sebagai dasar bahwa setiap perusahaan membutuhkan proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian untuk mencapai tujuan dan Manajemen Keuangan yang fokus pada bagaimana perusahaan membuat keputusan keuangan yang tepat untuk mencapai efisiensi dan meningkatkan profitabilitas. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis Deskriptif Verifikatif dengan pendekatan Kuantitatif. Sampel penelitian terdiri dari enam perusahaan sub sektor transportasi yang dipilih secara purposive sampling. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan tahunan yang dipublikasikan melalui situs resmi Bursa Efek Indonesia. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan uji asumsi klasik dan uji hipotesis (uji t dan uji F). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial Total Asset Turnover berpengaruh positif signifikan terhadap Return on Asset, sedangkan Current Ratio dan Debt to Equity Ratio tidak berpengaruh signifikan terhadap Return on Asset. Secara simultan, ketiga variabel independen berpengaruh signifikan terhadap Return on Asset. Temuan ini menunjukkan bahwa efisiensi penggunaan aset lebih berdampak terhadap profitabilitas dibandingkan faktor likuiditas dan struktur modal.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Total Asset Turnover; Current Ratio; Debt to Equity Ratio; Return on Asset; Transportasi; Bursa Efek Indonesia |
Subjects: | Financial Economics, Finance Financial Economics, Finance > Value of Money Financial Economics, Finance > Investment |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen |
Depositing User: | Andrian Syeif Fajdri |
Date Deposited: | 15 Jul 2025 07:56 |
Last Modified: | 15 Jul 2025 07:56 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/112147 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |