Kampanye Public Relations pembayaran tagihan listrik menggunakan aplikasi PLN Mobile melalui akun Instagram @pln_jabar: Studi deskriptif kualitatif pada PT. PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat

Nurlita, Sinta (2025) Kampanye Public Relations pembayaran tagihan listrik menggunakan aplikasi PLN Mobile melalui akun Instagram @pln_jabar: Studi deskriptif kualitatif pada PT. PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK Bebas Plagiarisme)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (393kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi digital yang semakin cepat telah membawa dampak perubahan yang signifikan di berbagai bidang kehidupan. Pemanfaatan teknologi telah membantu perusahaan dalam memberikan pelayanan perusahaan, termasuk pada sektor kelistrikan PT. PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat yang mengkampanyekan program pembayaran tagihan listrik menggunakan aplikasi PLN Mobile melalui media sosial instagram. Pelaksanaan kampanye dilakukan sebagai upaya menggantikan metode pembayaran konvensional menjadi sistem digital yang lebih efisien kepada masyarakat di Jawa Barat. Melalui pendekatan tersebut, PT. PLN UID Jawa Barat berupaya untuk membangun kesadaran dan mendorong perubahan perilaku pelanggan untuk melakukan peralihan pembayaran secara digital melalui aplikasi PLN Mobile yang lebih praktis dan modern. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan kampanye public relations yang dilakukan oleh PT. PLN UID Jawa Barat menggunakan model kampanye PIE dari Bobbit dan Sullivan, yang mencangkup tahapan perencanaan, implementasi, dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan paradigma kontruktivisme dengan metode deskriptif yang didasarkan pada pendekatan kualitatif. Data diperoleh melalui sumber data primer dan sumber data sekunder, melalui teknik wawancara mendalam dan observasi partisipatif pasif yang dapat mendukung data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT. PLN UID Jawa Barat telah melaksanakan kegiatan kampanye public relations secara strategis dan terstruktur sebagai berikut: Pertama, tahap perancangan konsep dengan menetapkan masyarakat Jawa Barat dengan target seluruh pengguna media sosial instagram sebagai audiens prioritas, meningkatkan pengguna aplikasi PLN Mobile sebagai tujuan utama kampanye, pesan kampanye disusun dengan memanfaatkan tren relavan yang sedang berkembang, serta mengkombinasikan berbagai strategi komunikasi untuk mendorong tindakan pelanggan; Kedua, tahap penyusunan konten dengan menetapkan divisi komunikasi sebagai tim pembuat konten kampanye berdasarkan PPID, menyusun jenis konten kampanye dalam bentuk grafik dan video, serta penjadwalan unggahan konten kampanye dilakukan tiga kali dalam satu bulan. Ketiga, pemanfaatan instagram dengan menggunakan fitur-fitur instagram untuk menjangkau audiens luar yang lebih luas, serta bekerja sama dengan berbagai pihak untuk memperluas jangkauan audiens; Keempat, tahap efektivitas dengan membuat konten edukasi berkelanjutan sebagai bentuk strategi perbaikan, menggunakan metode skoring dalam menetukan keberhasilan kampanye, serta dampak perubahan kampanye terlihat dari peningkatan jumlah pengguna aplikasi PLN Mobile di Jawa Barat sebanyak 17 Juta ID.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kampanye Public Relations; Media Sosial Instagram; PLN Mobile
Subjects: Relationship of Libraries > Relationship with the Community
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Sinta Nurlita
Date Deposited: 15 Jul 2025 01:23
Last Modified: 15 Jul 2025 01:23
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/112192

Actions (login required)

View Item View Item