Penggunaan model pembelajaran Discovery Learning berbasis aplikasi Wordwall untuk meningkatkan hasil belajar siswa: Penelitian quasi experiment di kelas XI SMK Muhammadiyah 2 Cibiru Kota Bandung

Misbah, Nida Mutiara (2025) Penggunaan model pembelajaran Discovery Learning berbasis aplikasi Wordwall untuk meningkatkan hasil belajar siswa: Penelitian quasi experiment di kelas XI SMK Muhammadiyah 2 Cibiru Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (310kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (584kB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMK Muhammadiyah 2 Cibiru Bandung. Berdasarkan hasil wawancawa dan observasi awal ditemukan bahwa rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Kondisi ini disebabakan oleh berbagai faktor, di antaranya faktor dari lingkungan, guru dan peserta didik itu sendiri. Proses pembelajaran yang monoton dan kurang variatif ini membuat siswa cepat merasa jenuh. Model ceramah dan tanya jawab yang selama ini digunakan hanya membuat Sebagian kecil siswa yang aktif. Akibatnya, hasil belajar siswa tidak maksimal. Tujuan penelitian yakni untuk mengetahui efektivitas model Discovery Learning Berbasis aplikasi Wordwall terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya hasil belajar siswa akibat metode pembelajaran konvensional yang monoton, serta kurangnya fokus siswa selama proses pembelajaran. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa model pembelajaran Discovery Learning merupakan model yang tepat sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar. Sementara Wordwall menjadi media edukatif yang sesuai untuk melengkapi proses pembelajaran. Oleh karena itu, hipotetis yang diajukan adalah hasil belajar siswa dengan model Discovery Learning Berbasis Wordwall lebih baik dari hasil belajar siswa yang memperoleh pembelajaran dengan metode konvensional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dengan rancangan non-equivalent control group. Kelas eksperimen menggunakan model Discovery Learning Berbasis Wordwall, sedangkan kelas kontrol menggunakan metode ceramah. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan pada hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan rata-rata posttest sebesar 78,53 dibandingkan kelas kontrol sebesar 68,50. Dari hasil uji t diperoleh nilai t hitung sebesar 2.286 dengan df = 35 dan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0.028. Nilai ini lebih kecil dari 0.05, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah perlakuan diberikan. Berdasarkan hasil analisis deskriptif terhadap nilai N-Gain (persentase peningkatan hasil belajar) anatar kelas eksperimen dan kelas kontrol, ditemukan adanya perbedaan yang signifikan. Rata-rata N-Gain kelas eksperimen sebesar 61,1869 atau 61,2% dengan kategori “cukup efektif” dibandingkan kelas kontrol sebesar 40,0607 atau 40,1% dengan kategori “kurang efektif”. Dengan demikian, penggunaan model Discovery Learning Berbasis Wordwall efektif meningkatkan hasil belajar siswa dan dapat dijadikan alternatif strategi pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Discovery Learning; Hasil Belajar; Quasy Experiment
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nida Mutiara Misbah
Date Deposited: 14 Jul 2025 06:37
Last Modified: 14 Jul 2025 06:37
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/112214

Actions (login required)

View Item View Item