Manajemen pelayanan pendaftaran dan pembatalan calon jemaah haji di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bogor

Wahyudin, Feri (2025) Manajemen pelayanan pendaftaran dan pembatalan calon jemaah haji di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bogor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (623kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Keterangan bebas plagiarism)
Plagiarisme.pdf

Download (652kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
Bab I.pdf

Download (284kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
Bab II..pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (969kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN-LAMPIRAN)
Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penyelenggaraan haji melibatkan berbagai instansi dan memerlukan pelayanan yang cepat. Penelitian ini membahas manajemen pelayanan pendaftaran dan pembatalan calon jemaah haji di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bogor. Tingginya antusiasme masyarakat terhadap ibadah haji menuntut pelayanan yang efektif, efisien, dan profesional. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan serta menganalisis, dan mengevaluasi manajemen pelayanan pendaftaran dan pembatalan calon jemaah haji di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bogor berdasarkan Konsep manajemen pelayanan publik yang dijelaskan oleh Ratminto dan Winarsih (2013) yang meliputi kepastian waktu, tangung jawab pimpinan, kelengkapan sarana prasarana, dan kedisiplinan, kesopanan, keramahan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, serta teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam serta observasi kepada Kementerian Agama khususnya bidang penyelenggaraan haji dan umrah, dan juga didukung dokumentasi guna melengkapi penjelasan pada pemamaparan hasil data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pelayanan pendaftaran dan pembatalan sudah berjalan sesuai prosedur yang ditetapkan oleh Kementerian Agama, meskipun masih terdapat beberapa kendala seperti keterbatasan sumber daya manusia, dan kurangnya pemahaman sebagian masyarakat terhadap prosedur yang berlaku. Jika manajemen Pelayanan dilakukan dengan memperhatikan kepastian waktu, tanggung jawab pimpinan, sarana dan prasarana, kesopanan, kedisiplinan dan keramahan maka pelanggan akan mendapatkan kepuasan layanan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kementerian Agama; Manajemen pelayanan; pendaftaran dan pembatalan; Pelayanan publik
Subjects: General Management > Information Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Haji dan Umrah
Depositing User: Feri Wahyudin
Date Deposited: 15 Jul 2025 00:51
Last Modified: 15 Jul 2025 00:51
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/112277

Actions (login required)

View Item View Item