Wahyudin, Feri (2025) Manajemen pelayanan pendaftaran dan pembatalan calon jemaah haji di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bogor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
Cover.pdf Download (446kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf Download (623kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf Download (413kB) | Preview |
|
|
Text (Keterangan bebas plagiarism)
Plagiarisme.pdf Download (652kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
Bab I.pdf Download (284kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
Bab II..pdf Restricted to Registered users only Download (434kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (969kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (206kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (321kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN-LAMPIRAN)
Lampiran-lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penyelenggaraan haji melibatkan berbagai instansi dan memerlukan pelayanan yang cepat. Penelitian ini membahas manajemen pelayanan pendaftaran dan pembatalan calon jemaah haji di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bogor. Tingginya antusiasme masyarakat terhadap ibadah haji menuntut pelayanan yang efektif, efisien, dan profesional. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan serta menganalisis, dan mengevaluasi manajemen pelayanan pendaftaran dan pembatalan calon jemaah haji di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bogor berdasarkan Konsep manajemen pelayanan publik yang dijelaskan oleh Ratminto dan Winarsih (2013) yang meliputi kepastian waktu, tangung jawab pimpinan, kelengkapan sarana prasarana, dan kedisiplinan, kesopanan, keramahan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, serta teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam serta observasi kepada Kementerian Agama khususnya bidang penyelenggaraan haji dan umrah, dan juga didukung dokumentasi guna melengkapi penjelasan pada pemamaparan hasil data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pelayanan pendaftaran dan pembatalan sudah berjalan sesuai prosedur yang ditetapkan oleh Kementerian Agama, meskipun masih terdapat beberapa kendala seperti keterbatasan sumber daya manusia, dan kurangnya pemahaman sebagian masyarakat terhadap prosedur yang berlaku. Jika manajemen Pelayanan dilakukan dengan memperhatikan kepastian waktu, tanggung jawab pimpinan, sarana dan prasarana, kesopanan, kedisiplinan dan keramahan maka pelanggan akan mendapatkan kepuasan layanan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kementerian Agama; Manajemen pelayanan; pendaftaran dan pembatalan; Pelayanan publik |
Subjects: | General Management > Information Management |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Haji dan Umrah |
Depositing User: | Feri Wahyudin |
Date Deposited: | 15 Jul 2025 00:51 |
Last Modified: | 15 Jul 2025 00:51 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/112277 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |