Anggraini, Fitri (2025) Strategi komunikasi persuasif Fuadh Naim dalam berdakwah di komunitas XK-Wavers melalui media sosial: Studi kasus pada akun Instagram @fuadhnaim. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1. COVER.pdf Download (118kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text (LULUS PLAGIASI)
3. PLAGIASI LULUS FITRI.pdf Download (56kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4. DAFTAR ISI.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5. BAB 1.pdf Download (416kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6. BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (697kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
7. BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8. BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (218kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (278kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (970kB) |
Abstract
Meningkatnya minat generasi muda terhadap budaya populer Korea (korean wave) menimbulkan tantangan bagi dakwah Islam dalam menjangkau audiens. Fuadh Naim muncul sebagai influencer dakwah yang memanfaatkan Instagram untuk menyampaikan pesan keislaman secara inovatif dengan mengintegrasikan nilai-nilai Islam ke dalam konten budaya populer Korea.Tujuan dari penelitian ini untuk mengkaji bagaimana strategi psikodinamika, strategi sosiokultural, dan strategi konstruksi makna Fuadh Naim dalam berdakwah terhadap komunitas xk-wavers melalui media sosial. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori strategi komunikasi persuasif Melvin L. DeFleur dan Sandra J. Ball-Rokeach (1982), teori ini digunakan untuk memahami bagaimana pesan pada media dapat mempengaruhi sikap dan persepsi audiens. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis yang memandang realitas sebagai hasil konstruksi dari pengalaman, interaksi sosial, dan penggunaan bahasa. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, sementara analisis data menggunakan teknik triangulasi untuk menggabungkan berbagai sumber dalam mengkaji strategi komunikasi persuasif yang digunakan oleh Fuadh Naim. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Fuadh Naim menerapkan pendekatan psikodinamika dalam membangun hubungan emosional dengan audiens muda, memahami kebutuhan psikologis mereka, dan menyampaikan pesan tanpa menggurui. Pendekatan sosiokultural tampak dari upayanya mengintegrasikan unsur Korean Wave, ke dalam narasi dakwahnya, sehingga isi pesan menjadi lebih kontekstual dan mudah diterima oleh kalangan muda. Sementara itu, melalui strategi konstruksi makna, Fuadh Naim menggunakan teknik storytelling untuk menghubungkan ajaran Islam dengan pengalaman budaya yang familiar bagi audiens.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Fuadh Naim; komunikasi persuasif; media sosial; XK-Wavers |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media Social Groups > Groups |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Fitri Anggraini |
Date Deposited: | 15 Jul 2025 01:18 |
Last Modified: | 15 Jul 2025 04:48 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/112284 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |