Penggunaan model pembelajaran Probing Prompting untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti: Penelitian kuasi eksperimen pada siswa kelas X SMA Karya Budi Cileunyi

Amelia, Tia (2025) Penggunaan model pembelajaran Probing Prompting untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti: Penelitian kuasi eksperimen pada siswa kelas X SMA Karya Budi Cileunyi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (457kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (487kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (502kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (755kB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilaksanakan di SMA Karya Budi Cileunyi, diperoleh informasi bahwa hasil belajar siswa tergolong rendah, terutama ketika dihadapkan pada soal berbentuk isian dengan tingkatan soal HOTS. Siswa cenderung menjawab secara seadanya dan menunjukkan pemahaman yang dangkal terhadap materi. Hal tersebut mencerminkan rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran probing prompting. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : (1) Penggunaan model pembelajaran probing prompting pada pembelajaran PAIBP di kelas X SMA Karya Budi Cileunyi; (2) Kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran PAIBP; dan (3) Pengaruh model pembelajaran probing prompting terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya dengan penggunaan model pembelajaran yang menekankan pemberian informasi secara satu arah dari guru kepada siswa. Maka, model pembelajaran yang berbasis pada pemikiran kritis, seperti probing prompting yang mengedepankan pemberian pertanyaan-pertanyaan yang menggugah pemikiran siswa diharapkan dapat menjadi solusi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen dengan bentuk desain nonequivalent control groups pretest posttest. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan bantuan SPSS versi 26 melalui tahapan uji statistik deskriptif, uji N-Gain, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian (1) Penggunaan model pembelajaran probing prompting dalam pembelajaran PAIBP berjalan dengan sangat baik dengan skor observasi aktivitas guru yaitu 90,5%. Selain itu, skor observasi aktivitas siswa juga berjalan dengan sangat baik dengan skor 89% (2) Kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen setelah penggunaan model pembelajaran probing prompting memperoleh skor rata-rata 83,50 dengan kategori baik (3) Pengaruh penggunaan model pembelajaran probing prompting berada pada kategori sedang dengan skor N-Gain sebesar 0,62. Serta hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan dengan nilai sig. 0,000 < 0,05. Artinya, penggunaan model pembelajaran probing prompting berpengaruh secara signifikan dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Berfikir Kritis; Probing Prompting; PAIBP
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tia Amelia
Date Deposited: 15 Jul 2025 02:04
Last Modified: 15 Jul 2025 02:04
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/112333

Actions (login required)

View Item View Item