Pengaruh kualitas pelayanan pendaftaran haji Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karawang terhadap kepuasan calon jemaah tahun 2024

Yusuf, Nadia Nurkhalidza (2025) Pengaruh kualitas pelayanan pendaftaran haji Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karawang terhadap kepuasan calon jemaah tahun 2024. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARISM)
3_keteranganbebasplagiarism.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (482kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB)
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (755kB)
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi pentingnya kualitas pelayanan dalam proses pendaftaran haji karena merupakan langkah awal untuk memengaruhi sudut pandang calon jemaah haji terhadap pelayanan Kementerian Agama Kab. Karawang bagian Penyelenggara Haji dan Umrah. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan Pendaftaran Haji terhadap kepuasan calon jemaah berdasarkan Teori ServQual dan perspektif Expectancy Disconfirmation Theory. Jenis penelitian adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan kuesioner (angket) sebagai alat pengumpulkan data. Populasi penelitian adalah calon jemaah yang melakukan pendaftaran haji di Kantor Kementerian Agama Kab. Karawang. Sampel penelitian berjumlah 69 orang. Teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana, uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi dan uji hipotesis yang diolah menggunakan program SPSS 25.0. Pengujian analisis data menghasilkan persamaan regresi Y = 2,787 + 0,569X yang menunjukkan bahwa tanpa adanya peningkatan kualitas pelayanan, tingkat kepuasan calon jemaah tetap berada pada level dasar (2,787) dan setiap peningkatan 1% akan meningkatkan kepuasan pelanggan sebesar 56,9%. Nilai korelasi sebesar 0,838 dengan hubungan yang positif pada kriteria yang sangat kuat. Dan hasil uji koefisien determinasi sebesar 0,702 yang menyatakan bahwa 70,2% kepuasan pelanggan dipengaruhi oleh kualitas pelayanan. Diperkuat juga dengan hasil uji hipotesis yang menunjukkan nilai signifikansi 0,000 (≤ 0,05) dan dengan ketentuan jika nilai t-hitung > t-tabel, dan diperoleh nilai t-hitung = 12,563 dan t-tabel = 1,6679 maka H₁ diterima dan H₀ ditolak. Berdasarkan hasil uji yang diperoleh, hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh signifikan dalam meningkatkan kepuasan calon jemaah pada pelayanan pendaftaran haji di Kementerian Agama Kab. Karawang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: servqual; kepuasan calon jemaah; pelayanan pendaftaran haji; kantor kementerian agama kabupaten karawang;
Subjects: Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Ibadah
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Haji
System of Government and States
General Management > Control and Quality Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Haji dan Umrah
Depositing User: Nadia Nurkhalidza Yusuf
Date Deposited: 15 Jul 2025 08:01
Last Modified: 15 Jul 2025 08:01
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/112336

Actions (login required)

View Item View Item