Fakhrurozi Septiana, Rikzan (2024) Pengaruh penerapan metode Reward dan Punishment hubungannya dengan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam: Penelitian korelasional terhadap kelas VIII SMP Negeri 1 Buahdua Kabupaten Sumedang. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.
|
Text (COVER)
Cover Skripsi.pdf Download (120kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK .pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Pernyataan Karya Sendiri (16).pdf Download (142kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I .pdf Download (369kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
BAB II .pdf Restricted to Registered users only Download (468kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
BAB III .pdf Restricted to Registered users only Download (437kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (402kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (186kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (172kB) |
|
![]() |
Text
LAMPIRAN (91).pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi proses pembelajaran di SMP Negeri 1 Buahdua Kabupaten Sumedang, pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam bahwa masih ada siswa yang sulit dibina dan bermalas-malasan. Hal ini disebabkan oleh metode yang kurang cocok sehingga pembelajaran tidak berlangsung optimal. Penelitian ini berangkat dari teori bahwa metode pembelajaran akan berpengaruh terhadap sampai atau tidaknya pembelajaran. Jika metode tersebut positif maka siswa akan termotivasi untuk mengikuti pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Salah satu metode yang dapat diterapkan dalam proses pembelajaran yaitu metode reward dan punishment. Berdasarkan hal tersebut maka hipotesis yang diajukan adalah terdapat hubungan yang signifikan antara penerapan metode reward dan punishment dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Responden merupakan siswa SMP Negeri 1 Buahdua kelas VIII A yang berjumlah 31 orang dari total 171 populasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu; observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu; analisis parsial, uji normalitas, uji regresi, uji korelasi dan uji hipotesis. Berdasakan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan: (1) Realitas penerapan metode reward dan punishment pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam termasuk ke dalam kategori sangat tinggi. Hal ini berdasarkan interpretasi rata-rata dari semua indikator variabel X yaitu sebesar 4,22. Angka tersebut berada pada interval 4,20 – 5,00 yang berarti termasuk pada kategori sangat tinggi. (2) Realitas motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam termasuk pada kategori sangat tinggi. Hal ini berdasarkan pada interpretasi rata-rata dari semua indikator variabel Y yaitu sebesar 4,32. Angka tersebut berada pada interval 4,20 – 5,00 yang berarti termasuk pada kategori sangat tinggi. (3) hubungan antara keduanya adalah; (a) koefisien korelasinya senilai 0,84 yang termasuk pada interval koefisien 0,80 – 1,00 dengan interpretasi pada tingkat sangat tingggi. (b) Hipotesisnya diterima yaitu terdapat hubungan yang signifikan antara variabel X dan variabel Y, berdasarkan uji hipotesis yang menunjukan nilai thitung senilai 7,55 dan ttabel senilai 2,04 sehingga thitung > ttabel; (c) besarnya pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 66,3 % artinya bahwa 33,7 % dipengaruhi oleh faktor lain.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerapan; Metode Reward dan Punishment; Motivasi Belajar |
Subjects: | Christianity > Education, Research |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Zein Rikzan Fakhrurozi |
Date Deposited: | 16 Jul 2025 02:27 |
Last Modified: | 16 Jul 2025 03:34 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/112465 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |