Oktaviani, Delizza (2025) Pengaruh Celebrity Worship dan kontrol diri terhadap perilaku konsumtif Kpopers yang bergabung GO di Whatsapp. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_Cover.pdf Download (145kB) | Preview |
|
|
Text
2_Abstrak.pdf Download (268kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (299kB) | Preview |
|
|
Text
4_Daftarisi.pdf Download (287kB) | Preview |
|
|
Text
5_Bab1.pdf Download (299kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_Bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (442kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_Bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (473kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_Bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (382kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_Bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (267kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_Daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (288kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Perilaku konsumtif yang bertendensi pembelian impulsif adalah kecenderungan membeli barang secara spontan tanpa perencanaan, didorong oleh emosi sesaat dan bukan kebutuhan yang nyata. Salah satu bentuknya terlihat ketika penggemar K-pop melakukan pembelian berbagai merchandise idola secara impulsif melalui group order (GO). Penelitian ini bertujuan mengetahui peran celebrity worship dan kontrol diri sebagai prediktor pembelian impulsif pada 320 Kpopers dewasa awal yang tergabung dalam group order (GO) di WhatsApp. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan yaitu Celebrity Attitude Scale, Brief Self-Control Scale, dan Consumer Buying Tendency Scale yang telah diadaptasi peneliti. Hasil analisis regresi berganda menunjukkan bahwa secara parsial, celebrity worship menjadi prediktor positif, sedangkan kontrol diri menjadi prediktor negatif terhadap pembelian impulsif. Secara simultan, kedua variabel tersebut berperan signifikan sebagai prediktor pembelian impulsif (R² = 12,4%). Kata kunci: perilaku konsumtif, pembelian impulsif, celebrity worship, kontrol diri, Kpop
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | perilaku konsumtif; pembelian impulsif; celebrity worship; kontrol diri, Kpop |
Subjects: | Applied Psychology > Personal Improvement and Analysis Applied Psychology > Interpersonal Relations Applied Psychology > Interpersonal Relations with Strangers |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi |
Depositing User: | Delizza Oktaviani |
Date Deposited: | 17 Jul 2025 04:31 |
Last Modified: | 17 Jul 2025 04:31 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/112638 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |