Pengaruh Celebrity Worship dan kontrol diri terhadap perilaku konsumtif Kpopers yang bergabung GO di Whatsapp

Oktaviani, Delizza (2025) Pengaruh Celebrity Worship dan kontrol diri terhadap perilaku konsumtif Kpopers yang bergabung GO di Whatsapp. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_Cover.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_Abstrak.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_Daftarisi.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_Bab1.pdf

Download (299kB) | Preview
[img] Text
6_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB) | Request a copy
[img] Text
7_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB) | Request a copy
[img] Text
8_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[img] Text
9_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB) | Request a copy
[img] Text
10_Daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB) | Request a copy
[img] Text
11_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perilaku konsumtif yang bertendensi pembelian impulsif adalah kecenderungan membeli barang secara spontan tanpa perencanaan, didorong oleh emosi sesaat dan bukan kebutuhan yang nyata. Salah satu bentuknya terlihat ketika penggemar K-pop melakukan pembelian berbagai merchandise idola secara impulsif melalui group order (GO). Penelitian ini bertujuan mengetahui peran celebrity worship dan kontrol diri sebagai prediktor pembelian impulsif pada 320 Kpopers dewasa awal yang tergabung dalam group order (GO) di WhatsApp. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan yaitu Celebrity Attitude Scale, Brief Self-Control Scale, dan Consumer Buying Tendency Scale yang telah diadaptasi peneliti. Hasil analisis regresi berganda menunjukkan bahwa secara parsial, celebrity worship menjadi prediktor positif, sedangkan kontrol diri menjadi prediktor negatif terhadap pembelian impulsif. Secara simultan, kedua variabel tersebut berperan signifikan sebagai prediktor pembelian impulsif (R² = 12,4%). Kata kunci: perilaku konsumtif, pembelian impulsif, celebrity worship, kontrol diri, Kpop

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: perilaku konsumtif; pembelian impulsif; celebrity worship; kontrol diri, Kpop
Subjects: Applied Psychology > Personal Improvement and Analysis
Applied Psychology > Interpersonal Relations
Applied Psychology > Interpersonal Relations with Strangers
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Delizza Oktaviani
Date Deposited: 17 Jul 2025 04:31
Last Modified: 17 Jul 2025 04:31
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/112638

Actions (login required)

View Item View Item