Mupidah, Ira (2025) Upaya meningkatkan keterampilan membaca di kelas III menggunakan metode fonik pada mata pelajaran bahasa Indonesia di MI Pasir Bandung Kecamatan Rongga Kabupaten Bandung Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (141kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (135kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf Download (228kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
5_Bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (345kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
6_Bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (294kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
8_Bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (176kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (137kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
10_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (653kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan membaca siswa kelas III di MI Pasir Bandung. Berdasarkan observasi dan wawancara, ditemukan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam memahami bacaan dan guru belum memanfaatkan metode pembelajaran yang bervariasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode fonikdalam meningkatkan keterampilan membaca siswa. Metode fonik menekankan hubungan antara huruf dan bunyi, sedangkan metode global menekankan pada pengenalan kata secara utuh dan konteks kalimat. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan tes membaca. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan membaca siswa dari siklus I ke siklus II. Pada akhir siklus II, keterampilan membaca siswa mencapai 83,64% keberhasilan, meningkat dari 71,73% pada siklus I. Aktivitas guru juga mengalami peningkatan, dari 73% pada siklus I menjadi 93% pada siklus II. Dengan demikian, metode fonik terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas III di MI Pasir Bandung. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan metode fonik dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | membaca; metode fonik; pembelajaran; siswa |
Subjects: | Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ira Mupidah |
Date Deposited: | 17 Jul 2025 04:15 |
Last Modified: | 17 Jul 2025 04:15 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/112758 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |