Farhani, Najiya Zaina (2025) Penggunaan media stik es krim untuk meningkatkan kemampuan mufradat siswa pada mata pelajaran bahasa Arab: Penelitian kuasi eksperimen di kelas IV MI M THREE Banjaran. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (114kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text (SKBEBASPLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_DaftarIsi.pdf Download (249kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_Bab1.pdf Download (279kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_Bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (663kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_Bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (360kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_Bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (625kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (179kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_DaftarPustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (238kB) | Request a copy |
Abstract
Najiya Zaina Farhani (1212090109) “Penggunaan Media Stik Es Krim Untuk Meningkatkan Kemampuan Mufradat Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab (Penelitian Kuasi Eksperimen di kelas IV MI M Three Banjaran). Dalam pembelajaran bahasa Arab, dapat terlihat bahwasanya kekurangan kemampuan mufradat menjadi masalah bagi beberapa siswa, dimana hal ini dapat menghambat konsistensi belajar juga peningkatan kemampuan bahasa Arab siswa, kemampuan mufradat merupakan salah satu faktor penting dimana jika tidak dikuasai dengan baik, maka dapat menghambat proses pembelajaran dan pemahaman siswa terhadap bahasa Arab. Kurangnya kemampuan mufradat disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya keterbatasan media pembelajaran yang menarik. Media stik es krim dapat digunakan untuk menjadi alternatif sebagai sarana peningkatan kemampuan mufradat. Penelitian ini memiliki tujuan untuk 1.Mengetahui kemampuan mufradat siswa pada pembelajaran bahasa Arab di kelas IV MI M Three sebelum menggunakan media stik es krim, 2. Mengetahui kemampuan mufradat siswa pada pembelajaran bahasa Arab di kelas IV MI M Three sesudah menggunakan media stik es krim, 3. Mengetahui peningkatan kemampuan mufradat siswa kelas IV MI M Three dalam pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan media stik es krim lebih baik daripada media gambar. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eskperimen dan menggunakan desain Nonequivalent Control Group Desain. Dalam penelitian ini, populasi yang digunakan yaitu seluruh siswa kelas IV MI M Three Kabupaten Bandung tahun ajaran 2024/2025. Sampel yang diambil yaitu kelas IV A dan kelas IV B dengan jumlah 40 siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji t independent dengan taraf signifikasi 0,05. Adapun hipotesis penelitian ini yaitu terdapat perbedaan peningkatan kemampuan mufradat siswa antara kelas eksperimen dan kontrol. Penelitian ini membuktikan bahwa media stik es krim dapat meningkatkan kemampuan mufradat siswa antara kelas eksperimen dan kontrol, dilihat berdasarkan uji t independent pada N -Gain Score diperoleh nilai <,001, maka H0 ditolak yang berarti terdapat perbedaan peningkatan kemampuan mufradat karena taraf signifikasinya lebih kecil dari 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini menunjukan peningkatan kemampuan mufradat siswa pada pembelajaran Bahasa Arab kelas IV yang mengikuti pembelajaran menggunakan media stik es krim lebih baik daripada yang mengikuti pembelajaran menggunakan media gambar.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Stik Es Krim; Kemampuan Mufradat |
Subjects: | Bahasa Arab Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Najiya Zaina Farhani |
Date Deposited: | 17 Jul 2025 07:55 |
Last Modified: | 17 Jul 2025 07:55 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/112783 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |