Mutiarani, Aulia Dwi (2025) Pengaruh layanan informasi pada program edufair terhadap perencanaan karier siswa : Penelitian terhadap layanan bimbingan konseling pada siswa kelas XI di SMA Plus Al-Ghifari Kota Bandung, Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (259kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (504kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISME)
3_sk bebas plagiarisme.pdf Download (332kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (612kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (834kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (781kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (641kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (408kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (525kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Perencanaan karier merupakan proses penting dalam perkembangan individu, khususnya bagi siswa SMA yang berada pada masa eksplorasi. Meskipun demikian, tidak semua siswa memiliki arah karier yang jelas, oleh karena itu, diperlukan intervensi melalui layanan informasi sebagai bagian dari program Bimbingan dan Konseling. Program Edufair merupakan salah satu bentuk layanan informasi yang diharapkan dapat membantu siswa menyusun rencana karier secara lebih matang dan realistis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh layanan informasi pada Program Edufair terhadap perencanaan karier siswa kelas XI di SMA Plus Al-Ghifari, Kota Bandung. Penelitian ini merujuk pada teori Prayitno (2009), yang menjelaskan bahwa layanan informasi harus memenuhi empat aspek, yaitu: materi informasi, kesesuaian informasi dengan kebutuhan siswa, cara penyampaian yang efektif, dan pemanfaatan informasi oleh siswa. Selain itu, teori perkembangan karier dari Super (1957) menyatakan bahwa pada tahap eksplorasi, siswa perlu mengenali minat dan kemampuannya, menetapkan tujuan, membuat keputusan, dan merencanakan langkah konkret sebagai bagian dari perencanaan karier. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tekink analisis regresi linear sederhana. Sampel penelitian merupakan siswa kelas XI SMA Plus Al-Ghifari yang berjumlah 50 siswa dan dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan skala likert. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara layanan informasi dalam Program Edufair terhadap perencanaan karier siswa. Nilai signifikansi sebesar 0,000 (< 0,05) dan koefisien regresi sebesar 0,768 mengindikasikan kekuatan hubungan antara kedua variabel. Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,355 menunjukkan bahwa 35,5% variasi dalam perencanaan karier dipengaruhi oleh layanan informasi, sementara 64,5% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Dapat diartikan H1 diterima dan H0 ditolak sehingga layanan informasi pada Program Edufair berpengaruh terhdaap perencanaan karier siswa kelas XI SMA Plus Al-Ghifari.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Layanan Informasi; Program Edufair; Perencanaan Karier; Siswa SMA |
Subjects: | The Book The Self Comparative Psychology Applied Psychology Applied Psychology > Personal Improvement and Analysis Applied Psychology > Interpersonal Relations Applied Psychology > Counseling and Interviewing Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Public Schools Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling Adult Education |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Aulia Dwi Mutiarani |
Date Deposited: | 17 Jul 2025 07:20 |
Last Modified: | 17 Jul 2025 07:20 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/112787 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |