Penerapan metode pembelajaran Everyone Is A Teacher Here untuk meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas V : Penelitian tindakan kelas di MI Pasanggrahan

Aini, Ismiana Hafni (2025) Penerapan metode pembelajaran Everyone Is A Teacher Here untuk meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas V : Penelitian tindakan kelas di MI Pasanggrahan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARISM)
3_Keterangan Bebas Plagiarism.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_Daftar Isi.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_Bab I.pdf

Download (311kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB)
[img] Text (BAB III)
7_Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB)
[img] Text (BAB IV)
8_Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
9_Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
11_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya suatu permasalahan mengenai rendahnya keterampilan berbicara peserta didik dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di kelas V MI Pasanggrahan. Tujuan dari Penelitian ini dintaranya untuk mengetahui keterampilan berbicara peserta didik sebelum menerapkan metode pembelajaran everyone is a teacher here pada pelajaran SKI di kelas V MI Pasanggrahan, untuk mengetahui proses penerapan metode pembelajaran everyone is a teacher here dalam meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik pada pelajaran SKI di kelas V MI Pasanggrahan pada setiap siklusnya dan untuk mengetahui keterampilan berbicara peserta didik setelah penerapan metode pembelajaran everyone is a teacher here pada pelajaran SKI di kelas V MI Pasanggrahan pada setiap siklusnya. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah mixed method atau metode kombinasi, yaitu pendekatan yang menggabungkan metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dalam satu penelitian dan metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus dilaksanakan dengan dua tindakan. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi unjuk kerja, observasi dan dokumentasi. Dengan analisis data berupa aktivitas guru, aktivitas peserta didik, ketuntasan individu, ketuntasan belajar klasikal dan nilai rata-rata. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan keterampilan berbicara dalam setiap siklusnya. Pada pra siklus, ketuntasan klasikal hanya mencapai 38% dengan mencapai nilai rata-rata 66,7. Setelah dilakukan tindakan, hasil meningkat dengan ketuntasan klasikal sebesar 65% dengan nilai rata-rata 74 pada siklus I, kemudian meningkat kembali pada siklus II dengan ketuntasan klasikal mencapai 82% dengan nilai rata-rata 85. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran everyone is a teacher here dapat meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas V-A MI Pasanggrahan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan berbicara; Metode Everyone Is a Teacher Here; Penelitian Tindakan Kelas; Sejarah Kebudayaan Islam
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ismiana Hafni Aini
Date Deposited: 23 Jul 2025 03:08
Last Modified: 23 Jul 2025 03:08
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/112797

Actions (login required)

View Item View Item