Pengaruh Net Profit Margin (NPM) dan Return On Investment (ROI) terhadap Return Saham: Studi Pada Perusahaan Jasa Sub Sektor Properti dan Real Estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2015

Sari, Rini Kamila Mustika (2018) Pengaruh Net Profit Margin (NPM) dan Return On Investment (ROI) terhadap Return Saham: Studi Pada Perusahaan Jasa Sub Sektor Properti dan Real Estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2015. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (786kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (929kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy

Abstract

Seiring dengan perkembangan ekonomi di Indonesia, perusahaan berusaha untuk mempertahankan, mengembangkan dan meningkatkan serta memaksimalkan nilai perusahaan, di tengah keadaan pasar yang semakin kompetetif perusahaan harus mampu untuk memanfaatkan dan mengalokasikan dana secara efektif dan efesien. Dana yang dimiliki perusahaan dapat diperoleh melalui dari hasil investatsi yang dilakukan berupa penjualan saham dipasar modal, dalam meyakinkan investor supaya mau menanamkan modalnya yaitu dilihat dari keadaan kinerja perusahaan. Dengan menggunakan laporan keuangan perusahaan sebagi informasi dan analisis rasio profitabilitas sebagai alatnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Net Profit Margin (NPM) terhadap Return saham, untuk mengetahui pengaruh Return On Investment (ROI) terhadap Return saham dan untuk mengetahui pengaruh secara simultan Net Profit Margin (NPM) dan Return On Investment (ROI) terhadap Return saham pada perusahaan jasa sub sektor properti dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2010-2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 48 perusahaan jasa sub sektor properti dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2010-2015. Setelah dilakukan seleksi menurut metode purposive sampling pada populasi, terdapat 8 perusahaan yang digunakan sebagai sampel. Pengumpulan data dilakukan melalui studi kepustakaan (library research) informasi dari ICMD dan IDX. Pengujian statistik yang digunakan adalah analisis teknik regresi data panel dengan uji hausman, analisis deskriptif, analisis linear berganda, uji t dan uji f (t test dan f test), serta koefisien determinasi, untuk memudahkan pengolahan data penulis menggunakan sofware EVIEWS 9 from windows. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa, Net Profit Margin (NPM) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Return saham perusahaan jasa sub sektor properti dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2010-2015, dengan nilai koefisien regresi positif dan nilai t signifikan 0,0051. Return On Investment (ROI) tidak berpengaruh positif terhadap Return saham, dengan nilai koefisien regresi negatif dan nilai t signifikan 0,5273. Serta terdaftar pengaruh positif yang signifikan antara Net Profit Margin dan Return On Investment secara simultan terhadap Return saham pada perusahaan jasa sub sektor properti dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2010-2015, dengan nilai f signifikan 0.000173 serta koefisien determinasi sebesar 32% dan sisanya sebesar 68% sumbangan dari variabel lain yang tidak penulis teliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Net Profit Margin; Return On Investment; Return Saham;
Subjects: Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Rini Kamila Mustika Sari
Date Deposited: 20 Jul 2018 07:24
Last Modified: 20 Jul 2018 07:24
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/11280

Actions (login required)

View Item View Item