Strategi dakwah kreatif melalui konten reels: Studi deskriptif di akun instagram @maulidya_a)

Pira, Dea Mawar (2025) Strategi dakwah kreatif melalui konten reels: Studi deskriptif di akun instagram @maulidya_a). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Dea Mawar Fira - Strategi Dakwah After Sidang ABSTRAK.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Dea Mawar Fira - ABSTRAK.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LULUS PLAGIASI)
Lulus Plagiasi Dea.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Dea Mawar Fira - DAFTAR ISI.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
Dea Mawar Fira - BAB 1 DEA.pdf

Download (437kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
Dea Mawar Fira - BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (585kB)
[img] Text (BAB III)
Dea Mawar Fira - BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text (BAB IV)
Dea Mawar Fira - BAB IV DEA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Dea Mawar Fira -DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
Dea Mawar Fira - LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (633kB)

Abstract

Akun Instagram @maulidya_a, yang dikelola oleh Maulidya Putri Aji, merupakan salah satu representasi dakwah digital yang konsisten menyampaikan nilai-nilai Islam kepada generasi muda melalui fitur Reels. Akun ini memiliki lebih dari 26.000 pengikut, dengan segmentasi utama remaja dan dewasa muda, serta menampilkan konten dakwah dalam bentuk video pendek yang disusun secara kreatif, edukatif, dan sesuai dengan isu-isu relevan yang dekat dengan kehidupan audiens. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi dakwah kreatif yang diterapkan dalam konten Reels akun tersebut, meliputi aspek perencanaan konten dakwah (Plan), pola penyampaian dan konsistensi tematik (Pattern), taktik dalam menarik perhatian dan meningkatkan keterlibatan audiens (Ploy), posisi akun dalam ekosistem dakwah digital di media sosial (Position), serta perspektif atau sudut pandang yang diadopsi dalam memahami kebutuhan spiritual generasi muda (Perspective). Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah 5P’s of Strategy yang dikemukakan oleh Henry Mintzberg, yang memberikan kerangka konseptual dalam menganalisis strategi dari lima dimensi utama: perencanaan, taktik, pola, posisi, dan perspektif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, serta menggunakan paradigma interpretif untuk memahami makna di balik proses produksi dan penerimaan pesan dakwah. Teknik pengumpulan data meliputi observasi konten, wawancara mendalam dengan kreator akun @maulidya_a, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi dakwah yang diterapkan oleh akun @maulidya_a berhasil menjadikan Reels sebagai media dakwah yang efektif, atraktif, dan relevan. Dengan pendekatan yang kontekstual, visual yang menarik, serta bahasa yang sederhana dan komunikatif, konten dakwah mampu meningkatkan engagement audiens serta membentuk kesadaran keagamaan yang lebih dalam di kalangan generasi muda.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Dakwah Kreatif; Strategi 5P’S; Instagram Reels
Subjects: Islam
Islam > Sermons and Preaching
Islam > Da'wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: dea mawar Pira
Date Deposited: 30 Jul 2025 04:19
Last Modified: 30 Jul 2025 04:19
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/112874

Actions (login required)

View Item View Item