Layanan konseling dengan pendekatan Cognitive Behavioral Therapy dalam meningkatkan kontrol diri mahasiswa tingkat akhir: Penelitian di institut pemerintahan dalam negeri, Cibeusi, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat

Masruroh, Puput Siti (2025) Layanan konseling dengan pendekatan Cognitive Behavioral Therapy dalam meningkatkan kontrol diri mahasiswa tingkat akhir: Penelitian di institut pemerintahan dalam negeri, Cibeusi, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (46kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB) | Request a copy
[img] Text
5_bab1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (834kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB) | Request a copy
[img] Text
10_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Mahasiswa sebagai calon intelektual memiliki tanggung jawab yang lebih besar dibandingkan dengan jenjang pendidikan sebelumnya. Kontrol diri merupakan kemampuan individu untuk mengatur dan menentukan perilakunya berdasarkan standar tertentu, seperti moral, nilai, dan aturan yang berlaku. Sehingga mahasiswa tingkat akhir di Institut Pemerintahan Dalam Negeri dapat menjaga komitmen mereka terhadap tugas dan tanggung jawab yang dimilikinya. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kondisi kontrol diri mahasiswa tingkat akhir, mengetahui program layanan konseling dan mengetahui hasil layanan konseling dengan pendekatan Cognitive Behavioral Therapy dalam meningkatkan kontrol diri mahasiswa tingkat akhir di Institut Pemerintahan Dalam Negeri. Penelitian di dasarkan pada teori Cognitive Behavior Therapy dari Aaron Beck sebagai pendekatan konseling yang dirancang untuk menyelesaikan permasalahan konseli pada saat ini, dan teori kontrol diri dari Tangney, Baumeister, dan Boone dalam mengkaji kontrol diri mahasiswa tingkat akhir di Institut Pemerintahan Dalam Negeri. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif fenomenologi meneliti esensi dari pengalaman. Sehingga sumber data dari penelitian ini yaitu mahasiswa tingkat akhir serta konselor di Institut Pemerintahan Dalam Negeri. Sedangkan teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, pelaksanaan layanan konseling dengan pendekatan Cognitive Behavioral Therapy mampu meningkatkan kontrol diri mahasiswa tingkat akhir. Hal ini dapat dibuktikan dengan perubahan mahasiswa tingkat akhir yang mulai lebih bertanggung jawab terhadap peran dan tindakan, mampu berpikir panjang sebelum bertindak, membangun kebiasaan yang lebih sehat dan produktif, serta menunjukkan konsistensi dalam mengerjakan tugas akademik setelah mengikuti layanan konseling dengan pendekatan Cognitive Behavioral Therapy.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Konseling CBT; Kontrol Diri; Mahasiswa Tingkat Akhir
Subjects: Conscious Mental Process and Intelligence
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Puput Siti Masruroh
Date Deposited: 18 Jul 2025 06:30
Last Modified: 18 Jul 2025 06:30
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/112878

Actions (login required)

View Item View Item