Novianti, Yayu Afnan (2025) Motif khalayak dalam mengakses berita pada Instagram Feed @catchmeupco. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIASI)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (216kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (174kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (755kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (979kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (711kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (173kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (193kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Seiring meningkatnya penggunaan media sosial sebagai sumber informasi, masyarakat cenderung memilih platform yang menyajikan berita secara ringkas dan mudah dipahami. Salah satu yang banyak dimanfaatkan adalah akun Instagram @catchmeupco, yang dikenal menghadirkan berita aktual dengan visual menarik dan bahasa ringan. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi motif penggunaan akun tersebut berdasarkan teori Uses and Gratifications serta empat kategori motif media dari Papacharissi dan Rubin (2000), yaitu Interpersonal Utility, Passing Time, Information Seeking, dan Convenience. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei melalui kuesioner yang disebarkan kepada 100 pengikut akun @catchmeupco. Jumlah sampel ditentukan dengan rumus Slovin, dan data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa motif penggunaan akun Instagram @cacthmeupco di dominasi motif convenience dan information seeking yang mendapatkan nilai rata-rata paling tinggi sebesar 81,56 dan 81,48. Kemudian, motif interpersonal utility dan passing time juga tinggi meskipun bukan motif yang utama yakni sebesar 70,24 dan 69,35. Hasil ini mendukung hipotesis kedua (H2) dan menolak hipotesis nol (H0) serta hipotesis pertama (H1), sekaligus menegaskan bahwa penggunaan akun ini didorong oleh beragam kebutuhan informatif dan sosial.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motif Khalayak; Instagram Feed; Konsumsi Berita; Uses and Gratifcation |
Subjects: | Journalism and Newspapers in Indonesia |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik |
Depositing User: | yayu afnan novianti |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 04:12 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 04:12 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/113081 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |