Motif khalayak dalam mengakses berita pada Instagram Feed @catchmeupco

Novianti, Yayu Afnan (2025) Motif khalayak dalam mengakses berita pada Instagram Feed @catchmeupco. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIASI)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (755kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (979kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (711kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Seiring meningkatnya penggunaan media sosial sebagai sumber informasi, masyarakat cenderung memilih platform yang menyajikan berita secara ringkas dan mudah dipahami. Salah satu yang banyak dimanfaatkan adalah akun Instagram @catchmeupco, yang dikenal menghadirkan berita aktual dengan visual menarik dan bahasa ringan. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi motif penggunaan akun tersebut berdasarkan teori Uses and Gratifications serta empat kategori motif media dari Papacharissi dan Rubin (2000), yaitu Interpersonal Utility, Passing Time, Information Seeking, dan Convenience. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei melalui kuesioner yang disebarkan kepada 100 pengikut akun @catchmeupco. Jumlah sampel ditentukan dengan rumus Slovin, dan data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa motif penggunaan akun Instagram @cacthmeupco di dominasi motif convenience dan information seeking yang mendapatkan nilai rata-rata paling tinggi sebesar 81,56 dan 81,48. Kemudian, motif interpersonal utility dan passing time juga tinggi meskipun bukan motif yang utama yakni sebesar 70,24 dan 69,35. Hasil ini mendukung hipotesis kedua (H2) dan menolak hipotesis nol (H0) serta hipotesis pertama (H1), sekaligus menegaskan bahwa penggunaan akun ini didorong oleh beragam kebutuhan informatif dan sosial.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Motif Khalayak; Instagram Feed; Konsumsi Berita; Uses and Gratifcation
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: yayu afnan novianti
Date Deposited: 22 Jul 2025 04:12
Last Modified: 22 Jul 2025 04:12
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/113081

Actions (login required)

View Item View Item