Pengaruh metode brainstorming terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak : Penelitian kuasi eksperimen pada siswa kelas VIII MTs Persis 37 Sumedang

Gunawan, Azhar Zain (2025) Pengaruh metode brainstorming terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak : Penelitian kuasi eksperimen pada siswa kelas VIII MTs Persis 37 Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN KARYA SENDIRI)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (394kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak pada siswa kelas VIII MTs Persis 37 Sumedang. Kondisi ini teridentifikasi melalui observasi awal yang memperlihatkan minimnya partisipasi aktif siswa dalam merespons penjelasan guru. Untuk mengkaji pengaruh metode pembelajaran terhadap peningkatan motivasi belajar, peneliti memilih metode brainstorming sebagai strategi intervensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pelaksanaan metode brainstorming dalam proses pembelajaran siswa kelas VIII di MTs Persis 37 Sumedang, (2) Pengaruh metode brainstorming terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII di MTs Persis 37 Sumedang, (3) Efektivitas metode brainstorming dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII di MTs Persis 37 Sumedang. Metode brainstorming merupakan salah satu strategi pembelajaran yang bertujuan untuk mengembangkan kreativitas siswa dan mendorong mereka dalam mengeksplorasi berbagai ide secara intensif dalam kurun waktu yang terbatas. Gagasan-gagasan yang muncul kemudian didiskusikan bersama untuk menemukan solusi terbaik atas permasalahan yang dihadapi. Pendekatan ini pertama kali diperkenalkan oleh Alex Faickney Osborn pada tahun 1953 dalam bukunya Applied Imagination. Osborn merumuskan empat aturan utama yaitu fokus pada kuantitas ide, menunda kritik, mendorong ide liar, dan mengembangkan ide. Melalui metode brainstorming, siswa didorong untuk berpikir kreatif secara kolaboratif dan menghasilkan solusi inovatif dalam pembelajaran. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data, dilakukan uji normalitas dan homogenitas, serta uji hipotesis yang menggunakan statistik parametrik melalui uji Shapiro-Wilk. Hasil penelitian menunjukkan sejumlah temuan penting : (1) Pelaksanaan metode brainstorming dalam proses pembelajaran terlaksana secara optimal, ditunjukkan oleh tingkat keterlaksanaan sebesar 100%. (2) Berdasarkan analisis uji N-Gain, kelas eksperimen memperoleh nilai sebesar 0,8 yang termasuk dalam kategori “tinggi” sedangkan kelas kontrol hanya memperoleh nilai sebesar 0,2 yang termasuk dalam kategori “rendah”. (3) Tingkat efektivitas metode brainstorming tercermin dari terciptanya lingkungan pembelajaran yang kondusif dan inklusif, pengembangan keterampilan sosial, dan penguatan kompetensi abad ke-21. Jadi, terdapat pengaruh metode brainstorming terhadap motivasi belajar siswa pada kelas VIII MTs Persis 37 Sumedang pada mata pelajaran Akidah Akhlak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode Brainstorming; Motivasi Belajar; Akidah Akhlak
Subjects: Islam
Aqaid (Aqidah, Akidah) dan Ilmu Kalam
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Azhar Zain Gunawan
Date Deposited: 22 Jul 2025 01:07
Last Modified: 22 Jul 2025 01:07
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/113083

Actions (login required)

View Item View Item