Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) Berbasis media QR Code untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI BP: Penelitian kuasi eskperimen di kelas VIII SMP Negeri 1 Cileunyi Kabupaten Bandung

Zahra, Alfiani Latifah Ainul (2025) Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) Berbasis media QR Code untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI BP: Penelitian kuasi eskperimen di kelas VIII SMP Negeri 1 Cileunyi Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_SK Bebas Plagiarisme.pdf

Download (418kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_Daftar Isi.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_BAB I.pdf

Download (321kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (555kB)
[img] Text (BAB III)
7_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB)
[img] Text (BAB IV)
8_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (821kB)
[img] Text (BAB V)
9_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
11_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (769kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar kognitif siswa dalam pembelajaran PAI BP di SMP Negeri 1 Cileunyi yang masih menggunakan model konvensional. Banyak siswa yang sering tidak memperhatikan apa yang dijelaskan oleh guru, sehingga menyebabkan hasil belajar kognitif yang belum cukup baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Penggunaan model kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbasis media QR Code pada mata pelajaran PAI BP di kelas VIII SMP Negeri 1 Cileunyi, 2) Hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI BP di Kelas VIII SMP Negeri 1 Cileunyi sebelum dan sesudah dilakukan penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Berbasis media QR Code, 3) Pengaruh penggunaan model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbasis media QR Code terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI BP di kelas VIII SMP Negeri 1 Cileunyi. Menurut Wibowo siswa yang belajar dengan model TGT menunjukkan peningkatan signifikan dalam hasil belajar kognitif dibandingkan dengan siswa yang belajar dengan metode konvensional (Wibowo, 2018). Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah: Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbasis media QR Code dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa secara signifikan pada mata pelajaran PAI BP di Kelas VIII SMP Negeri 1 Cileunyi Kab. Bandung. Pendekatan yang digunakan digunakan dalam pendekatan kuantitatif. Metode penelitian quasi eksperimen dengan desain non-equivalent control group. Populasi dan sampel adalah siswa kelas VIII. Teknik pengumpulan data melalui: observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui: analisis deskriptif, normalitas data, uji homogenitas data, uji N-Gain, uji hipotesis (uji independent sample t-test). Hasil penelitian menunjukkan: 1) Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbasis media QR Code (X) terlaksana dengan sangat baik, hal ini dapat dilihat dari hasil observasi dengan rata-rata 93,13%. 2) Hasil belajar kognitif siswa sebelum dan setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbasis media QR Code memiliki peningkatan, rata-rata hasil pre-test kelas eksperimen 41,23 meningkat pada post-test 80,79 dengan kategori sangat baik dan pre-test kelas kontrol sebesar 37,95 meningkat 72,21 dengan kategori baik. 3) Pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbasis media QR Code menggunakan uji hipotesisi dengan uji Independent sample t-test juga menunjukkan nilai signifikan <0,001. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbasis media QR Code dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa secara signifikan pada mata pelajaran PAI BP.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: model kooperatif tipe teams games tournament (tgt); media QR Code; hasil belajar kognitif
Subjects: Christianity
Christianity > Education, Research
Islam > Islam and Religions of Indic Origin
Islam > Apologetics and Polemics
Islam > Conversion of Non-Muslim to Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Latifah Ainul Zahra
Date Deposited: 22 Jul 2025 03:14
Last Modified: 22 Jul 2025 03:14
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/113085

Actions (login required)

View Item View Item