Mursyid, Latifah (2025) Hubungan disiplin belajar dengan hasil belajar IPAS pada kelas IV di SDN Panyirapan 01. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (127kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (132kB) | Preview |
|
|
Text (SKBEBASPLAGIARISM)
3_SKBEBASPLAGIARISM.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_DAFTARISI.pdf Download (186kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
5_BAB1.pdf Download (278kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB 2)
6_BAB2.pdf Restricted to Registered users only Download (346kB) |
|
![]() |
Text (BAB 3)
7_BAB3.pdf Restricted to Registered users only Download (501kB) |
|
![]() |
Text (BAB 4)
8_BAB4.pdf Restricted to Registered users only Download (472kB) |
|
![]() |
Text (BAB 5)
9_BAB5.pdf Restricted to Registered users only Download (177kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_DAFTARPUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (210kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi di SDN Panyirapan 01, di mana terdapat perbedaan mencolok dalam hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Observasi awal menunjukkan bahwa siswa dengan tingkat disiplin belajar yang berbeda memiliki hasil belajar yang beragam, menimbulkan pertanyaan tentang seberapa besar pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Mengetahui tingkat disiplin belajar siswa kelas IV di SDN Panyirapan 01, 2) Mengetahui hasil belajar IPAS siswa kelas IV di SDN Panyirapan 01, dan 3) Menganalisis hubungan antara disiplin belajar dengan hasil belajar IPAS siswa kelas IV di SDN Panyirapan 01. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Data dikumpulkan melalui angket untuk mengukur disiplin belajar dan dokumentasi nilai Penilaian Tengah Semester (PTS) untuk hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa disiplin belajar siswa berada pada kategori cukup baik dengan persentase 40,5%, sedangkan hasil belajar IPAS siswa menunjukkan bahwa 51,4% siswa berada dalam kategori sangat rendah. Analisis korelasi menggunakan uji Pearson menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,343 dengan nilai signifikansi 0,038, yang berarti terdapat hubungan positif yang signifikan antara disiplin belajar dan hasil belajar siswa. Dengan demikian, semakin tinggi tingkat disiplin belajar siswa, semakin baik pula hasil belajar yang dicapai. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa disiplin belajar berperan penting dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, disarankan agar pihak sekolah dan orang tua berkolaborasi dalam menanamkan disiplin belajar kepada siswa, agar mereka dapat mencapai hasil belajar yang lebih baik di masa depan. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi penelitian selanjutnya dalam bidang yang sama.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Disiplin belajar; Hasil Belajar; IPAS; SDN Panyirapan 01; Korelasi |
Subjects: | Education Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study Elementary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Latifah Mursyid Ibnu Burhan |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 07:22 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 07:22 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/113091 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |