Hubungan disiplin belajar dengan hasil belajar IPAS pada kelas IV di SDN Panyirapan 01

Mursyid, Latifah (2025) Hubungan disiplin belajar dengan hasil belajar IPAS pada kelas IV di SDN Panyirapan 01. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SKBEBASPLAGIARISM)
3_SKBEBASPLAGIARISM.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_DAFTARISI.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
5_BAB1.pdf

Download (278kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
6_BAB2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB)
[img] Text (BAB 3)
7_BAB3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB)
[img] Text (BAB 4)
8_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB)
[img] Text (BAB 5)
9_BAB5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_DAFTARPUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
11_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi di SDN Panyirapan 01, di mana terdapat perbedaan mencolok dalam hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Observasi awal menunjukkan bahwa siswa dengan tingkat disiplin belajar yang berbeda memiliki hasil belajar yang beragam, menimbulkan pertanyaan tentang seberapa besar pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Mengetahui tingkat disiplin belajar siswa kelas IV di SDN Panyirapan 01, 2) Mengetahui hasil belajar IPAS siswa kelas IV di SDN Panyirapan 01, dan 3) Menganalisis hubungan antara disiplin belajar dengan hasil belajar IPAS siswa kelas IV di SDN Panyirapan 01. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Data dikumpulkan melalui angket untuk mengukur disiplin belajar dan dokumentasi nilai Penilaian Tengah Semester (PTS) untuk hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa disiplin belajar siswa berada pada kategori cukup baik dengan persentase 40,5%, sedangkan hasil belajar IPAS siswa menunjukkan bahwa 51,4% siswa berada dalam kategori sangat rendah. Analisis korelasi menggunakan uji Pearson menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,343 dengan nilai signifikansi 0,038, yang berarti terdapat hubungan positif yang signifikan antara disiplin belajar dan hasil belajar siswa. Dengan demikian, semakin tinggi tingkat disiplin belajar siswa, semakin baik pula hasil belajar yang dicapai. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa disiplin belajar berperan penting dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, disarankan agar pihak sekolah dan orang tua berkolaborasi dalam menanamkan disiplin belajar kepada siswa, agar mereka dapat mencapai hasil belajar yang lebih baik di masa depan. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi penelitian selanjutnya dalam bidang yang sama.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Disiplin belajar; Hasil Belajar; IPAS; SDN Panyirapan 01; Korelasi
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Latifah Mursyid Ibnu Burhan
Date Deposited: 25 Jul 2025 07:22
Last Modified: 25 Jul 2025 07:22
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/113091

Actions (login required)

View Item View Item