Peran komunikasi guru dan teman sebaya siswa dalam metode kooperatif tipe Think Pair Share untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam: penelitian pada siswa kelas VIII SMP Triyasa, Ujung Berung, Bandung

Abdurahman, Asep (2025) Peran komunikasi guru dan teman sebaya siswa dalam metode kooperatif tipe Think Pair Share untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam: penelitian pada siswa kelas VIII SMP Triyasa, Ujung Berung, Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (760kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (447kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (659kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Asep Abdurahman (2230040041): “Peran Komunikasi Guru dan Teman Sebaya Siswa dalam Metode Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Penelitian pada Siswa Kelas VIII SMP Triyasa, Ujung Berung, Bandung)” Di SMP Triyasa, Ujung Berung, Bandung telah dilakukan upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan metode ekspositori dan penugasan untuk mendukung pemahaman konsep. Namun pada kenyataannya, masih banyak siswa yang belum mencapai KKM, dan komunikasi di kelas baik antara guru dan siswa maupun antar teman sebaya, belum berjalan efektif sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: 1) peran komunikasi guru dan teman sebaya siswa sebelum dan sesudah diterapkan metode kooperatif tipe Think Pair Share; 2) hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam sebelum dan sesudah diterapkan metode kooperatif tipe Think Pair Share; 3) dampak peran komunikasi guru dan teman sebaya siswa dalam metode kooperatif tipe Think Pair Share untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Landasan teori yang digunakan merujuk pada Teori Interdependensi Sosial yang dikembangkan oleh David W. Johnson dan Roger T. Johnson, yang menegaskan bahwa komunikasi efektif antara guru dan siswa serta interaksi positif antar teman sebaya menciptakan interdependensi positif dalam pembelajaran, yang secara langsung berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Quasi Experiment Pre-Test dan Post-Test. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, kuesioner/angket, tes dan dokumentasi. Adapun analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah melalui uji Validitas, uji Reliabilitas, uji Deskriptif Statistik, uji Normalitas, uji Homogenitas, uji Independent Samples T-Test dan uji N-Gain Score. Sedangkan untuk subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIII SMP Triyasa, Ujung Berung, Bandung dengan jumlah responden sebanyak 68 siswa. Hasil penelitian menunjukkan: 1) terdapat perbedaan peran komunikasi guru dan teman sebaya sebelum dan sesudah perlakuan. Pada kelas kontrol, komunikasi guru meningkat 6,2% dan komunikasi teman sebaya siswa 11,12%. Pada kelas eksperimen, komunikasi guru meningkat 17,29% dan komunikasi teman sebaya siswa 21,22%; 2) terdapat perbedaan hasil belajar siswa setelah penerapan dua metode berbeda. Pada kelas kontrol meningkat 11,45%, sedangkan kelas eksperimen meningkat 25,08%; 3) terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang mencerminkan signifikansi peran komunikasi dalam metode kooperatif tipe Think Pair Share. Pada kelas kontrol meningkat 21,22% (tidak efektif), sedangkan pada kelas eksperimen meningkat 78,42% (efektif). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa peran komunikasi guru dan teman sebaya dalam metode kooperatif tipe Think Pair Share berkontribusi signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Guru; Teman Sebaya Siswa; Metode TPS; Hasil Belajar PAI
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Cooperative
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asep Abdurahman
Date Deposited: 22 Jul 2025 04:08
Last Modified: 22 Jul 2025 04:08
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/113103

Actions (login required)

View Item View Item