Abdurahman, Asep (2025) Peran komunikasi guru dan teman sebaya siswa dalam metode kooperatif tipe Think Pair Share untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam: penelitian pada siswa kelas VIII SMP Triyasa, Ujung Berung, Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (291kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (760kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (178kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (447kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (659kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (387kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (209kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (257kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Asep Abdurahman (2230040041): “Peran Komunikasi Guru dan Teman Sebaya Siswa dalam Metode Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Penelitian pada Siswa Kelas VIII SMP Triyasa, Ujung Berung, Bandung)” Di SMP Triyasa, Ujung Berung, Bandung telah dilakukan upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan metode ekspositori dan penugasan untuk mendukung pemahaman konsep. Namun pada kenyataannya, masih banyak siswa yang belum mencapai KKM, dan komunikasi di kelas baik antara guru dan siswa maupun antar teman sebaya, belum berjalan efektif sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: 1) peran komunikasi guru dan teman sebaya siswa sebelum dan sesudah diterapkan metode kooperatif tipe Think Pair Share; 2) hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam sebelum dan sesudah diterapkan metode kooperatif tipe Think Pair Share; 3) dampak peran komunikasi guru dan teman sebaya siswa dalam metode kooperatif tipe Think Pair Share untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Landasan teori yang digunakan merujuk pada Teori Interdependensi Sosial yang dikembangkan oleh David W. Johnson dan Roger T. Johnson, yang menegaskan bahwa komunikasi efektif antara guru dan siswa serta interaksi positif antar teman sebaya menciptakan interdependensi positif dalam pembelajaran, yang secara langsung berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Quasi Experiment Pre-Test dan Post-Test. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, kuesioner/angket, tes dan dokumentasi. Adapun analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah melalui uji Validitas, uji Reliabilitas, uji Deskriptif Statistik, uji Normalitas, uji Homogenitas, uji Independent Samples T-Test dan uji N-Gain Score. Sedangkan untuk subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIII SMP Triyasa, Ujung Berung, Bandung dengan jumlah responden sebanyak 68 siswa. Hasil penelitian menunjukkan: 1) terdapat perbedaan peran komunikasi guru dan teman sebaya sebelum dan sesudah perlakuan. Pada kelas kontrol, komunikasi guru meningkat 6,2% dan komunikasi teman sebaya siswa 11,12%. Pada kelas eksperimen, komunikasi guru meningkat 17,29% dan komunikasi teman sebaya siswa 21,22%; 2) terdapat perbedaan hasil belajar siswa setelah penerapan dua metode berbeda. Pada kelas kontrol meningkat 11,45%, sedangkan kelas eksperimen meningkat 25,08%; 3) terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang mencerminkan signifikansi peran komunikasi dalam metode kooperatif tipe Think Pair Share. Pada kelas kontrol meningkat 21,22% (tidak efektif), sedangkan pada kelas eksperimen meningkat 78,42% (efektif). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa peran komunikasi guru dan teman sebaya dalam metode kooperatif tipe Think Pair Share berkontribusi signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Guru; Teman Sebaya Siswa; Metode TPS; Hasil Belajar PAI |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication Cooperative |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Asep Abdurahman |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 04:08 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 04:08 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/113103 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |