Penerapan model Problem Based Learning (PBL) Integrasi Artificial Intelligence (AI) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif mahasiswa pada mata kuliah Fiqih Kontemporer: Penelitian quasi eksperimen terhadap mahasiswa semester IV program studi Pendidikan Agama Islam UIN Mataram

Mauzifa, Mauzifa (2025) Penerapan model Problem Based Learning (PBL) Integrasi Artificial Intelligence (AI) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif mahasiswa pada mata kuliah Fiqih Kontemporer: Penelitian quasi eksperimen terhadap mahasiswa semester IV program studi Pendidikan Agama Islam UIN Mataram. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISME)
SK BEBAS PLAGIARISME.pdf

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (664kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (587kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Mauzifa. (2025). Penerapan model Problem Based Learning (PBL) Integrasi Artificial Intelligence (AI) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Mahasiswa Pada Mata Kuliah Fiqih Kontemporer (Penelitian Quasi Eksperimen terhadap Mahasiswa Semester IV Program Studi Pendidikan Agama Islam UIN Mataram) Dalam konteks pembelajaran di perguruan tinggi Islam, keterampilan berpikir kritis dan kreatif dipandang sebagai kompetensi esensial, khususnya dalam mata kuliah Fiqih Kontemporer yang menuntut pemahaman terhadap isu-isu aktual dan kontekstual. Namun, sebagian besar mahasiswa masih menghadapi tantangan dalam mengembangkan dua keterampilan ini, karena terbiasa dengan metode konvensional. Model PBL integrasi ChatGPT ditawarkan sebagai pendekatan inovatif guna menciptakan pembelajaran aktif, kolaboratif, dan berbasis eksplorasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses penerapan model PBL yang diintegrasikan dengan media ChatGPT dalam pembelajaran mata kuliah Fiqih Kontemporer pada materi “Pornografi dan Pornoaksi dalam Perspektif Islam” terhadap mahasiswa semester IV Program Studi Pendidikan Agama Islam UIN Mataram. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menguji pengaruh model tersebut terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatif mahasiswa. Kerangka teori dalam penelitian ini merujuk pada tahapan model PBL oleh Hmelo-Silver, yaitu: penyajian masalah, analisis masalah dan identifikasi kebutuhan belajar, pembelajaran mandiri, sintesis dan penyusunan solusi, serta refleksi dan evaluasi. Parameter berpikir kritis mengacu pada pendapat Fisher, meliputi: mengenali masalah, mengumpulkan dan menyusun informasi, membedakan informasi faktual dan nonfaktual, dan mengevaluasi informasi secara objektif. Sementara itu, parameter berpikir kreatif merujuk pada teori Guilford, yaitu: kelancaran, keluwesan, keunikan, dan keterincian dalam berpikir. Metode yang digunakan adalah quasi experiment untuk mengukur pengaruh penerapan model PBL integrasi ChatGPT terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatif mahasiswa. Teknik pengumpulan data mencakup tes, angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara kuantitatif, meliputi uji validitas dan reliabilitas instrumen, uji normalitas dan homogenitas, uji efektivitas menggunakan N-Gain, serta uji hipotesis menggunakan uji Mann Whitney untuk melihat pengaruh dan uji Spearman Rank untuk mengetahui arah hubungan antar variabel. Temuan penelitian mengindikasikan bahwa penggunaan model PBL integrasi ChatGPT terbukti mampu meningkatkan mutu pembelajaran Fiqih Kontemporer. Mahasiswa terlibat lebih aktif, responsif, dan adaptif dalam proses pembelajaran. Model ini juga memberikan dampak positif terhadap daya berpikir kritis, yang terlihat dari meningkatnya kecakapan mahasiswa dalam mengenali permasalahan, mengumpulkan dan menyusun informasi, membedakan antara informasi faktual dan nonfaktual, serta mengevaluasi informasi secara objektif. Selain itu, kemampuan berpikir kreatif mahasiswa juga mengalami peningkatan, khususnya dalam aspek kelancaran, keluwesan, keunikan, dan keterincian berpikir terhadap permasalahan yang dikaji dalam pembelajaran Fiqih Kontemporer.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning; Artificial Intelligence; Berpikir Kritis; Kreatif; Fiqih Kontemporer
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mauzifa Mauzifa Mauzifa
Date Deposited: 22 Jul 2025 08:08
Last Modified: 22 Jul 2025 08:08
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/113172

Actions (login required)

View Item View Item