Ramdhani, Dian (2013) Perbedaan metode ceramah dan metode praktikum terhadap hasil belajar siswa pada materi Vertebrata : Penelitian dilakukan di kelas X semester II MA Dipatiukur Ciparay Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (44kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
bundel abstrak.pdf Download (46kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (448kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (577kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (335kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (126kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (73kB) |
Abstract
Proses belajar mengajar tidak dapat dipisahkan dari materi ajar dan cara menyampaikan atau metode ajar. Sampai dengan pada saat ini, metode ceramah masih menjadi metode yang banyak digunakan di setiap tingkatan sekolah. Padahal dalam pembelajaran Biologi, khususnya pada materi Vertebrata peserta didik seharusnya diberikan keleluasaan untuk dapat mendapatkan ilmu baru hasil observasinya terhadap materi yang dipelajarinya karena hal ini sangat memungkinkan. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode ceramah, hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode praktikum serta untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik antara yang menggunakan metode pembelajaran metode ceramah dan yang menggunakan metode praktikum. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi experiment) menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Metode praktikum dan metode ceramah sebagai variabel bebas dan hasil belajar Biologi sebagai variabel terikat. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester genap MA Dipatiukur Bandung tahun pelajaran 2010/2011. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X-A sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X-B sebagai kelas kontrol. Teknik sampling menggunakan teknik sampling Non Probability Sampling dengan Sampling Jenuh sebagai jenisnya. Berdasarkan pada hasil uji analisis dan membandingkan N-Gain dan uji-t, maka dapat dilihat bahwa penggunaan metode praktikum pada materi Vertebrata menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar antara yang menggunakan metode ceramah dan metode praktikum. Nilai N-Gain pada pembelajaran dengan metode ceramah menghasilkan angka sebesar 0,384 sedangkan yang menggunakan metode praktikum sebesar 0,532 dengan kategori masing-masing sedang. Untuk hasil perbandingan uji t, t tabel dengan t hitung berturut turut yakni 2,6 dan 7,2. Berdasar dari hasil analisis di atas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode praktikum pada materi Vertebrata lebih baik dari metode ceramah. Dengan kata lain, hasil belajar peserta didik dengan menggunakan metode praktikum lebih menunjukkan peningkatan dibandingkan dengan menggunakan metode ceramah.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode pembelajaran; metode praktikum; metode ceramah; hasil belajar |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | seuseu seuseu |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 02:48 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 02:48 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/113180 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |