Pengaruh Self-Control dan konformitas teman sebaya terhadap prokrastinasi akademik pada siswa yang mengikuti organisasi di SMAN 1 Ciparay

Wardiani, Dea (2025) Pengaruh Self-Control dan konformitas teman sebaya terhadap prokrastinasi akademik pada siswa yang mengikuti organisasi di SMAN 1 Ciparay. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (395kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perilaku prokrastinasi akademik merupakan bentuk maladaptif yang umum terjadi pada remaja, khususnya di kalangan siswa yang aktif dalam organisasi sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self-control dan konformitas teman sebaya terhadap prokrastinasi akademik, baik secara parsial maupun simultan. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional kausal, serta dianalisis menggunakan teknik regresi linear berganda. Partisipan penelitian berjumlah 172 siswa berusia 15–18 tahun yang aktif dalam organisasi di SMAN 1 Ciparay. Instrumen yang digunakan meliputi: Academic Procrastination Questionnaire (APQ) sebanyak 20 item (α = 0,842), Brief Self Control Scale (BSCS) sebanyak 13 item (α = 0,746), dan The Conformity Scale sebanyak 11 item (α = 0,723). Hasil analisis menunjukkan bahwa self-control berpengaruh negatif signifikan terhadap prokrastinasi akademik, yang berarti semakin tinggi self-control, semakin rendah kecenderungan untuk menunda tugas akademik. Sebaliknya, konformitas teman sebaya berpengaruh positif signifikan terhadap prokrastinasi akademik, menunjukkan bahwa semakin tinggi konformitas, semakin besar kecenderungan untuk melakukan penundaan akademik. Secara simultan, self-control dan konformitas teman sebaya memberikan kontribusi sebesar 19,6% terhadap prokrastinasi akademik. Temuan ini menegaskan bahwa kemampuan mengendalikan diri dan pengaruh lingkungan sosial sebaya merupakan faktor penting dalam mencegah perilaku prokrastinasi di kalangan siswa yang aktif dalam organisasi sekolah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Self-Control;Konformitas Teman Sebaya;Prokrastinasi Akademik
Subjects: Psychology > Education of Psychology
Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Groups
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: DEA WARDIANI
Date Deposited: 23 Jul 2025 06:17
Last Modified: 23 Jul 2025 06:17
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/113215

Actions (login required)

View Item View Item