Wardiani, Dea (2025) Pengaruh Self-Control dan konformitas teman sebaya terhadap prokrastinasi akademik pada siswa yang mengikuti organisasi di SMAN 1 Ciparay. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (166kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (262kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (245kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (275kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (395kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (527kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (473kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (427kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (315kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (295kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Perilaku prokrastinasi akademik merupakan bentuk maladaptif yang umum terjadi pada remaja, khususnya di kalangan siswa yang aktif dalam organisasi sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self-control dan konformitas teman sebaya terhadap prokrastinasi akademik, baik secara parsial maupun simultan. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional kausal, serta dianalisis menggunakan teknik regresi linear berganda. Partisipan penelitian berjumlah 172 siswa berusia 15–18 tahun yang aktif dalam organisasi di SMAN 1 Ciparay. Instrumen yang digunakan meliputi: Academic Procrastination Questionnaire (APQ) sebanyak 20 item (α = 0,842), Brief Self Control Scale (BSCS) sebanyak 13 item (α = 0,746), dan The Conformity Scale sebanyak 11 item (α = 0,723). Hasil analisis menunjukkan bahwa self-control berpengaruh negatif signifikan terhadap prokrastinasi akademik, yang berarti semakin tinggi self-control, semakin rendah kecenderungan untuk menunda tugas akademik. Sebaliknya, konformitas teman sebaya berpengaruh positif signifikan terhadap prokrastinasi akademik, menunjukkan bahwa semakin tinggi konformitas, semakin besar kecenderungan untuk melakukan penundaan akademik. Secara simultan, self-control dan konformitas teman sebaya memberikan kontribusi sebesar 19,6% terhadap prokrastinasi akademik. Temuan ini menegaskan bahwa kemampuan mengendalikan diri dan pengaruh lingkungan sosial sebaya merupakan faktor penting dalam mencegah perilaku prokrastinasi di kalangan siswa yang aktif dalam organisasi sekolah.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Self-Control;Konformitas Teman Sebaya;Prokrastinasi Akademik |
Subjects: | Psychology > Education of Psychology Social Interaction, Interpersonal Relations Social Groups |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi |
Depositing User: | DEA WARDIANI |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 06:17 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 06:17 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/113215 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |