Pengaruh konformitas teman sebaya terhadap Respon Bystander Bullying dengan Self-Efficacy sebagai variabel moderator

Dewi, Novitasari (2025) Pengaruh konformitas teman sebaya terhadap Respon Bystander Bullying dengan Self-Efficacy sebagai variabel moderator. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (522kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (505kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (623kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (692kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (703kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (695kB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (617kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Bullying di kalangan remaja, khususnya di lingkungan sekolah, merupakan fenomena yang masih marak terjadi dan melibatkan berbagai peran, salah satunya adalah bystander. Peran bystander penting untuk ditelaah karena respon mereka dapat memperkuat atau justru menghentikan tindakan bullying. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konformitas teman sebaya terhadap respon bystander bullying dengan self-efficacy sebagai variabel moderator. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif-kausalitas dengan teknik cluster proportional random sampling terhadap 301 siswa SMA di SMAN 6 Cimahi yang berusia 15–18 tahun dan memeunhi kriteria inklusi penelitian. Analisis dalam penelitian ini menggunakan alat analisis regresi linier berganda dan analisis moderasi melalui PROCESS Macro model 1 by Hayes. Instrumen yang digunakan mencakup skala The Conformity Scale, Student Bystander Behaviour Scale (SBSS), dan self-efficacy General Self-Efficacy Scale (GSES). Hasil penelitian menunjukkan bahwa self-efficacy terbukti berperan sebagai moderator yang melemahkan pengaruh konformitas terhadap kecenderungan menjadi probully dan passive bystander, namun tidak memoderasi hubungan terhadap respon defender.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bystander Bullying; Konformitas Teman Sebaya; Self-Efficacy
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Participation
Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Interactions within Groups
Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Interactions between Groups
Social Interaction, Interpersonal Relations > Relations of Individual to Society
Social Groups
Social Groups > Ethnic Groups, Ethnography, Ethnology
Physiology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Novita sari Dewi
Date Deposited: 23 Jul 2025 06:29
Last Modified: 23 Jul 2025 06:29
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/113216

Actions (login required)

View Item View Item