Penggunaan media pembelajaran mind mapping berbasis Canva untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pelajaran Fiqih: Kuasi eksperimen pada siswa kelas VIII MTs Persis Leles Ciparay

Mustopa, Khofifah Aulia (2025) Penggunaan media pembelajaran mind mapping berbasis Canva untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pelajaran Fiqih: Kuasi eksperimen pada siswa kelas VIII MTs Persis Leles Ciparay. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN KARYA SENDIRI)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (307kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (675kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen, yaitu pretest-posttest control group design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yakni kelas eksperimen yang diberikan perlakuan menggunakan media mind mapping berbasis Canva dan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional tanpa media digital. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, serta tes pretest dan posttest untuk mengukur tingkat kemampuan berpikir kritis siswa. Analisis data dilakukan dengan uji Independent Sample T-Test dan perhitungan N-Gain Score untuk melihat peningkatan hasil belajar yang terjadi pada masing-masing kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, yang ditunjukkan melalui nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,000. Rata-rata skor N-Gain pada kelas eksperimen mencapai 0,3224 (kategori sedang), sedangkan pada kelas kontrol jauh lebih rendah. Temuan ini diperkuat oleh hasil observasi dan wawancara, yang menunjukkan bahwa penggunaan media mind mapping berbasis Canva mampu meningkatkan partisipasi aktif siswa, memperkuat pemahaman konsep, serta mendorong siswa untuk berpikir secara analitis, evaluatif, dan kreatif. Hal ini sejalan dengan teori taksonomi revisi Anderson dan Krathwohl (2001) pada level C4–C6 dan teori Konstruktivisme Vygotsky yang menekankan pentingnya pembelajaran aktif dan kolaboratif. Selain itu, teori Kerucut Pengalaman Edgar Dale turut mendukung bahwa penggunaan media visual interaktif seperti Canva mampu meningkatkan daya serap dan retensi belajar melalui pengalaman konkret dan bermakna. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Mind Mapping berbasis Canva berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran fiqih dengan model Discovery Learninf. Media ini layak dijadikan sebagai alternatif strategi pembelajaran inovatif yang tidak hanya efektif secara akademik, tetapi juga mampu membangun proses pembelajaran yang menyenangkan, visual, dan kontekstual. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi guru dan praktisi pendidikan dalam merancang pembelajaran berbasis digital yang mendukung keterampilan berpikir tingkat tinggi di madrasah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Mind Mapping; Canva; Berpikir Kritis; Fiqih, Discovery Learning
Subjects: Islam > Religious Ceremonial Laws and Decisions
Islam > Islamic Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Khofifah Aulia Mustopa
Date Deposited: 23 Jul 2025 02:50
Last Modified: 23 Jul 2025 02:50
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/113219

Actions (login required)

View Item View Item